Dari Pengalaman Pribadi

  • This is default featured slide 1 title

    Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

  • This is default featured slide 2 title

    Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

  • This is default featured slide 3 title

    Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

  • This is default featured slide 4 title

    Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

  • This is default featured slide 5 title

    Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

Zat yang Berbaya pada Produk Kecantikan, Pemicu Jerawat.

Perlu Ketahui Zat di dalam Kosmetik yang Memperparah Jerawat



Kehadiaran Jerawat di wajah memang sangat menggangu. Wanita maupun pria 90% pada umumnya pernah mengalami jerawat. 

Baik jerawat yang diakibatkan oleh hormon maupun akibat bawaan gen. Tidak hanya di wajah, di leher, kulit badan dan kulit punggungpun bisa menjadi tempat timbulnya jerawat.

  
Jerawat bisa membuat kepercayaan diri seseorang menurun, Akibatnya orang yang pada umumnya dihampiri jerawat berusaha mencari solusi untuk menghilangkan jerawat dengan menggunakan berbagai produk untuk menghilangkan jerawat.

Karena rasa yang mengganggu untuk segera menghilangkan jerawat membuat seseorang mudah percaya pada review dan refrensi dari orang lain untuk sesegera mencoba produk yang disarankan.  

Alhasil tak jarang setelah mencoba produk tersebut banyak keluhan yang mengatakan bahwa hanya memperparah dan memperburuk jerawat. Sebenarnya itu karna ketifaksaamaan jenis kulit dengan suatu produk.
Pada artikel ini saya akan menguraikan beberapa produk di dalam produk kosmetik yang bisa memperparah jerawat. Ok langsung

1. Asam Salisilat


Asam salisilat umumnya merupakan obat golongan keratolitik. Dalam dunia kedokteran pada umunya obat ini digunakan untuk mengatasi berbagai masalah kulit, misalnya kutil,  mata ikan, kulit bersisik dan kapalan. Sifatnya yang mampu mengelupas kulit,  bahan ini banyak digunakan di dalam nerbagai produk kecantikan.  Walaupun takaran pada kosmetik yang sudah teruji aman, tetap saja bahan ini tidak boleh digunakan dalam waktu berkepanjangan, apalagi dalam priode wajah berjerawat karna mampu mengiritasi wajah yang berjerawat. Menurut Kerri Daniels konsultan dan Dermatologis dari New York mengatakan asam salisil yang berlebihan digunakan pada wajah akan menyebabkan wajah menjadi  iritasi, kering,kulit terasa panas, memerah, dan mengelupas dan Gatal-gatal.

2. Butiran Scrub


Butiran scrub pada produk pembersih wajah biasanya digunakan untuk Eksfolisasi yaitu pembersihan pori-pori atau pengagkatan sel-sel kulit mati. Karna butiran scrub pada umumnya mempunyai tekstur yang agak keras, ketika diaplikasikan pada wajah yang berjerawat,  maka dapat menyebabkan iritasi, peradangan jerawat bahkan memicu timbulnya jerawat baru. Akibat perpindahan bakteri pada kulit yang terluka Akibat butiran scrub.  Disarankan untuk tidak menggunakan produk yang bersifat scrub pada saat wajah sedang berjerawat.  

3. Retinoil


Retinoil adalah sejenis Vitamin A yang diklaim dapat memperbanyak produksi kolagen. Banyak sekali produk kecantikan yang menambahkan bahan retinoil pada kosmetik karna teruji mampu menyamarkan kerutan dan garis halus pada wajah, menghilangkan bintik hitam pada wajah dan anti aging.  
Namun di beberapa kasus banyak wanita yang sedang berjerawat saat memakai krim yang mengandung retinoil ini malah menimbulkan efek samping yang sangat agresif seperti kulit kemerahan ataupun iritasi.  

Jadi alangkah baiknya jika kemudian menemukan gejala iritasi kemerahan akibat produk yang mengandung bahan ini,  lebih baik untuk segera memberhentikan penggunaan krim tersebut untuk fokus menghilangkan jerawat diwajah terlebih dahulu. 

4. Alkohol


Fungsi alkohol dalam produk kecantikan biasanya adalah sebagai pelarut, anti bakteri dan membantu proses penyerapan kekulit lebih maksimal. Alkohol mampu menghilangkan minyak pada wajah, namun hal inilah yang dianggap kurang baik, wajah yang kekurangan minyak alami akibat kekeringan akan lebih mudah memproduksi minyak yang lebih banyak akibat reaksi sebum alami wajah yang hilang.  Tentu saja hal ini tidak baik pada kondisi wajah yang sedang berjerawat karna hanya akan membuat jerawat semakin bertambah.  

5. Parfum


Pada umumnya kosmetik yang mengandung parfum sangat beresiko pada kulit yang sedang sensitif dan akan bereaksi biasa saja pada kulit yang tidak sensitif. Saat sedang berjerawat tidak jarang kulit wajah berubah menjadi sensitiv dengan berbagai produk kecantikan.Jika digunakan penggunaan produk yang menggunakan parfum bisa berupa alergi,  kulit kemerahan dan gatal-gatal. Hindari saat wajah sedang mengalami jerawat yang meradang karna bahan ini bdapat  memicu iritasi pada kulit wajah. 

6. Minyak Kelapa


Minyak pada produk kecantikan kini banyak ditemukan dan sedang populer saat ini. Face oil memang dipercaya bisa melembabkan dan menutrisi kulit seperti minyak Lavender, rosemary, jojoba, dan minyak tea tree. Minyak ini masih dalam aman digunakan saat kulit berjerawat.  
Namun ada face oil yang tidak disarankan digunakan pada saat kulit berjerawat yaitu minyak kelapa karena sifatnya yang komedogenik yang menyumbat pori-pori wajah. Jadi lebih baik untj menghindari penggunaan kosmetik yang berbahan minyak kelapa saat wajah kamu sedang berjerawat 

7. Silikon


Silikon (Silicone) adalah artificial polymer, yaitu bahan kimia buatan manusia yang dibuat dari silicon, carbon, hydrogen, dan oxygen. silikon juga dapat mengisi celah maupun kerak-kerak, termasuk keriput pada kulit dan membentuk lapisan segel di atas kulit sehingga menghasilkan tampilan kulit yang lembut, halus
Umumnya, kandungan silikon akan memiliki nama bahan dengan akhiran –cone. Contohnya Dimethicone, Methicone, Trimethicone, Cyclomethicone, Amodimethicone, Trimethylsilylamodimethicone.  Anda juga bisa mengecek nama bahan dengan akhiran –siloxane, seperti Cyclopentasiloxane atau Polydimethylsiloxane. Nah, selain nama bahan dengan kedua akhiran diatas, nama lainnya, seperti Dimethiconol, C10-30 Alkyl acrylate crosspolymer, VP / VA Copolymer, Polybutene, serta Polyisobutene. 
Perlu untuk mengetahui produk kecantikanmu apakah mengandung silikon atau tidak karna dibalik manfaatnya yang baik saat mencover wajah ternyata untuk kulit yang sensitif saat berjerawat bukanlah pilihan karna silikone mencegah kulit bernafas dan dapat menyumbat pori-pori yang akhirnya dapat menyebabkan munculnya jerawat. 

8. Paraben


Paraben merupakan sejenis pengawet yang digunakan dalam berbagai macam perawatan tubuh untuk menghindari jamur dan bakteri. Walaupun sudah di klaim aman dalam dunia farmasi untuk dicampurkan pada kosmetik dan perawatan kulit namun paraben ini mampu mempengaruhi hormon sehingga memicu timbulnya jerawat. 
Untuk meminimalisir pertumbuhan jerawat alangkah baiknya untuk menjauhkan produk paraben dari skincare kamu.  

Nahh itulah beberapa bahan-bahan kosmetik yang kerap terabaikan oleh konsumen, berbagai indikassi, efek samping  penggunaan bahan tersebut.  Walaupun sudah teruji aman dalam sebuah produk.  Tapi bukankah tidak lebih buruk ketika menjadi konsumen yang smart dalam memiliih produk untuk menghindari pertumbuhan jerawat yang semakin parah.  Semoga bermanfaat.  


Share:

14 Daerah Jerawat Tanda Penyakit Serius

Remeh dengan Jerawat yang tak Kunjung Sembuh,  Hati-hati 14 titik Area di Wajah Petanda Sebuah Penyakit Serius.


Dikutip dari wikipedia "Jerawat adalah suatu keadaan dimana pori-pori kulit tersumbat sehingga menimbulkan kantung nanah yang meradang dan jerawat adalah suatu penyakit kulit yang cukup besar penderitanya, menambahkan jug bahwa tidak ada seorangpun fi dunia melewatkan hidupnya tanpa sebuah jerawat".

Kesimpulanya kehadiran sebuah jeraeat dikatakan memanglah sebuah penyakit kulit yang sudah menjadi biasa.  Banyak yang mendasari munculnya sebuah jerawat dikuli.  Mulai dari faktor Gen, pola makan, pola tidur, kebiasaan,  hingga salah kosmetik.

Biasanya jika kita sadar kesalahan kita dalam mengundang jerawat kita lebih mudah untuk mengantisipasi hingga mengobatinya agar tidak semakin parah.  Namun apabila sebuah jerawat tidak kunjung sembuh/ awet bahkan  semakin parah ? Hati-hati mungkin menandakan reaksi dari sebuah penyakit serius.
14 titik area jerawat pada wajah menandakan adanya sebuah penyakit.

Berikut dijeladkan 1/1


1. Zona 1 dan 2


Yaitu berada di dahi, dia atas kedua alis mata, adanya jerawat pada zona ini menandakan sebuah gangguan pada pencernaan yang sedang tidak baik. Jadi cobalah untuk lebih memperhatikan pola makan, hindari makan yang pedas, berminyak, atau bersifat instan. Memperbanyak konsumsi air puti dengan  minum 2 gelas air putih Setelah bangun tidur dan segelas air putih sebelum tidur.

2. Zona 3 


Yaitu berletak di pertengahan alis mata yaitu menandakan adanya gangguan pada hati atau liver.
Hindari begadang pada malam hari, istirahat cukup dengan tidur 8 jam akan membuat keadaan liver menjadi lebih baik.  Kurangi konsumsi susu, alkohol dan perbanyak minum air putih. Hindari juga untuk mengonsumsi pada malam hari.

3. Zona 4 dan 5 


Yaitu berletak pada daerah dekat mata,  Kondisi jerawat yang muncul disekitaran area mata ini menandakan adanya gangguan pada ginjal. Hindari kebiasaan yang membuat kerja ginjal menjafi berat dengan mengonsumsi makanan yang baik untuk ginjal dan menghindari makanan dan kebiasaan yang tidak baik untuk ginjal. Contohnya dengan min air air putih yang cukup dan rutin mengonsumsi buah-buahan.

4.  Zona  6 


Yaitu bertempat pada daerah hidung,  pada hidung terdapat pori-pri yang besar dan tempat yang mudah berminya. Jerawat yang muncul pada daerah ini  sering disebabkan oleh kurangnya Kebersihan menjaga kulit. Tapi selain itu jerawat yang tidak kunjung sembuh pada daerah ini juga bisa menandakan adanya sebuah penyakit yang serius yang berhubungan dengan kesehatan jantung. Hindari  makanan yang memicu sakit jantung Seperti makanan yang mengandung garam yg tinggi, alkohol.  Pola makan dan kbiasaa yang tidak sehat untuk jantung. dan tetap menjaga kebersihan wajah.

5. Zona 7 dan 8


Jerawat yang muncul pada daerah telinga, hampir sama dengan jerawat pada zona 4 dan 5. Selain dari segi kebersihan juga bisa ditandai dengan adanya gangguan pada ginjal. Hindari kebiaasaan yang memicu gangguan pada ginjal,  perbanyak minum air putih dan buah-buahan yang baik untuk ginjal.

6. Zona 9 dan 10


Yaitu jerawat Yang muncul pada daerah pipi. Banyak faktor yang bisa mempengaruhi timbulnya jerawat pada pipi seperti kebiasaan memegang wajah dan kebersihan wajah. Bisa menandakan adanya suatu penyakit yang serius seperti masalah pada pernafasan ataupun adanya petanda alergi. Cobalah untuk memperhatikan kebersihan tangan,  handphone dan bantal. Barang sering menyentuh wajah haruslah dalam keadaan bersih untuk menghindari perpindahan kuman ke wajah. Jaga suhu tubuh, hindari debu dan rutin menghirup udara segar pada pagi hari.

7. Zona 11 dan 12 


Yaitu jerawat yang muncul pada dagu. Jerawat pada dagu kanan dan kiri menandakan adanya suatu petanda sedang stres yang mengakibatkan perubahan hormonal.  Cobalah untuk mengurangi stres, berolahraga dan melakukan kegiaatan yang disenangi, juga bisa dengan melakukan meditasi untuk mengurangi stres.  Perbanyak minum air putih dan tetap cintai dirimu.

8. Zona  13


Yaitu  jerawat yang muncul di daerah ujung dagu. Munculnya jerawat pada daerah ini menandakan adanya ganggun pada perut. Misalnya kurangnya asupan serat dan buah pada tubuh, kurangi toksin dan Minum minuman heral untuk memperbaiki masalah yang ada di dalam perut.

9. Zona 14


Jerawat yang tumbuh pada sekitaran leher. Jerawat ini menandakan adanya masalah serangan baakteri, dan tubuh sedang melawan bakteri tersebut. Untuk melawan bakteri tersebut, jagalah kesehatan,  kebersihan istirahat yang cukup serta menaikan daya tahan tubuh dengan rutin mengomsumsi makanan yang mengandung vitamin baik untuk tubuh.

Share:

Wardah Nature Daily, Aloe Hydramild Multifunction Gel


kali ini aku mau review salah satu skincare dari wardah yang multifungsi. Nature Daily Aloe Gel

Ini produk dari wardah,  aku sempat nyari beberapa minggu karna disini memang susah dapatnya.  Harus belik di toko resmi wardah di carefour lantai 3. Penasaran sama produk ini karna dari cerita teman yang udah pakai katanya bisa  buat wajah yang lagi jerawatan gitu dan bisa ngefek buat lembab, dengan efek menenangkan yang terbuat dari gel lidah buaya. Sebenarnya tipe wajah aku berminyak,  atau terkadang kombinasi, pokoknya bingung dah suka kering mendadak kalau pakai salah pencuci muka.  

Pas makai wardah Nature Daily ini wajah aku dalam keadaan berjerawat ceritanya,  dengan harapan jerawat di wajah bakal berkurang setelah aku aplikasikan ke wajah. Setelah hampir seminggu aku ngeliat gada hasil. Wajah tetap berjerawat.  Akhirnya aku berhentiin pemakaian karna menurut aku kurang ngefek.  Jadi aku fokuskan wajah hanya untuk salep dan pelembab khusus jerawat.  

Beberapa bulan setelah wajah aku sembuh,  bebas jerawat. Aku nemuin lagi wardah nature Daily di laci kamar aku dalam keadaan masih penuh.  Rasanya sayang banget gitu ga dipakai.  Akhirnya pas Krim malam pelembab aku habis.  Aku Pakai ini untuk bebarapa malam. Paginya itu aku ngrasa wajah aku terasa lembab kenyal gitu.  Agak glowing campuran minyak dan gel di pagi hari mungkin.  Tapi serius beda saat aku pakai ini di pas waktu wajah aku berjerawat dan tanpa jerawat. 

Kesimpulannya untuk menghilangkan jerawat menurut aku kurang bekerja, tapi lebih berkhasiat melembabkan wajah.  Selain itu wardah ini bagus di jadiin primer pas make up gitu.  


Untuk teksturnya kenyal kayak gel lidah buaya bening gitu,  dan baunya mirip lidah buaya,  agak lengket pas diaplikasikan gitu,  ada rasa segar-segarnya khas banget produk wardahnya yang punya sesasi agak seger gitu. 
Untuk harganya kemarin  ku belik sekitar 60.000-an di Gerai wardah. Lumayan murah karna juga efeknya yang terbilang multifungsi.  
Share:

5 Aktifitas Harian yang Memicu Jerawat


Helooo girls...

Siang-siang gini gerah banget, padahal cuaca mendung,  bukan karna terik matahari tapi karna jerawat si imut merah datang lagi. Dari banyak tulisan aku,  aku seneng bisa berbagi tips cara aku menghadapi si merah imut ini alias jerawat.  Semua aku tulis berdasarkan kisah aku sendiri.  Bermula dari banyak teman yang nanya gimana cara nghilangin jerawat sampai nanyain kok bisa sih bekas jerawatnya hilang?  Aku senang bisa berbagi cerita
Kalau penasaran liat wajah aku yg dulu bisa lihat di tulisan aku sebelumnya jerawat parah
Selain jerawat datang bulan yang kadang gabisa dihindari ada beberapa kebiasaan kita yang bisa memunculkan jerawat itu sendiri.  Disini aku mau berbagi kebiasaan itu sesuai dengan yang aku alamai girls.

kebiasan aku  yang rasa buat jerawat itu ga minggat dan selalu pergi tapi ninggalin bibitnya. Kayak istilah kontrakan yang laris peminatnya ga pernah kosong,  alhasil dirwajah cuma nambah bekas jerawat aja.

Naahh apa ajasihh..


Aku mau nulis semua aktivitas dari bangun sampai tidur yang buat jerawat aku sukar buat sembuhnya.

Ok kita mulai saja.

1.Yang pertama  Bangun tidur tidak langsung cuci muka.


Nahh lebay amat yg pertama aja udah lebai,  yg pertama itu bersihin tempat tidur dan bedoa. Ini malah cuci muka. Ya gitu juga maksud penulis,  tp maksud aku disini.  Kebiasaan aku  itu memang jelek.  Bangun tidur,  sudah tau wajah berminyak gak langsung dicuci tapi malah ngerjain berbagai kegiatan bersih-bersih  dirumah berbau debu dan kerringet deh.
Padahal khn mencuvi wajah setelh bangun (setelah rapiin tempat tidur dan bedoa)  bagus buat kulit wajah. Menurut aku sih ini ngaruh sama kebersihan wajah, membuat wajah aku setelah itu  gatel,  berasa bakal ada si merah yang bakal bertamu di wajah.


2. Tidak memperhatikan kebersihan rambut.


Apa hubungannya rambut dengan wajah?
Ya jelas ada donk, secara rambut yang gak dicuci selama beberapa hari pasti menyimpan bakteri dan kuman ketika kita beraktivitas.  Nahh kalau seandainya kuman keringat dari rambut berpindah kewajah,otomatis  akan mengakibatkan perpindahan yg bisa memunculkan jerawat. Jadi buat kalian yang udah jerawatan suka berjerawat didaerah pipi dekat telinga dan sekitarnya sampai dagu,  bisa jadi akibat kebersihan rambut yang kurang girls.

3 Suka memegang wajah sembarangan.


Nahh...  Ini dia paling sering aku lakuin, sebenarnya wajah yang jerawatan itu rentan banget sama kuman bakteri.  Bisa-bisa lupa cuci tangan dan gak sadar megang wajah itu bisa mentransfer kuman di tangan ke wajah girls.  Walaupun kita ngerasa tangan kita bersih.  Fakanya tangan menyimpan berjuta kuman bakteri,  yang mungkin saja dari handphone yg selalu kita genggam.

4. Keluar Ruangan tanpa Menggunakan masker.


Kenapa harus pakai masker apa hubunganya?  Toh  aku keluar dengan naik mobil, ga perlu ametlah pakai masker segala nanti lipstik aku jadi menor.  LOL..  Ga disaranin kok. Cuma buat orang yang kayak saya,  yang kerjaanya banyak menghabiskan waktu dengan perjalanan diluar kadang pakai AP ataupun motor yang berhubungan langsung dengan paparan polusi udara. Bayangin aja wajah berhdapan dengan debu berjam-jam, mendmpel dan menumpuk berbaur dengan minyak di kulit wajah.  Alahasil si merah imu jugat muncul deh.

5.kurang menjaga kebersihan  Wajah saat tidur dan tempat tidur.


Dan yang terakhir,  Aku singkat aja. Kurang menjaga kebersihan kulit saat malam hari. Karna aku orangnya capek-an,  suka rebah aja di kamar kalau pulang kerja sampai lupa buat cuci muka,  kalau kebangun cuma karna lapar terus tidur lagi tanpa ngebersihin wajah . Resikonya bangun-bangun bukan hanya wajah yang bertambah si merah imut wajah juga mengusam.

Dan lagi,  sebelum tidur coba deh perhatiin selimut dan srung bantal anda apakah bersih?  Coba tanya pada hati kecil nurani anda kapan terakhir mereka berendam dalam air ? Kalau ternyata mereka sudah banyak membentuk peta-peta yang tidak ditrmukan di peta sumatra, maka segeralah diganti pada saat itu juga dan  dicuci keesokan harinya. Karna ketika tidur Kulit wajah akan mengalami pemulihan diri, dan istirahat.  Jangan hanya karna keadaan kotor membuat kulit wajah hanya menjadi sarang bakteri jerawat.  Dan sulit beregrenasi.

Setelah sadar dari semua aktivitas yang sepele diatas.  Cobalah ubah hal kecil diatas menjadi kebiasaan yang baik buat kulit wajah kamu.  Jerawat itu dirawat lo,  bukan jerawatanya!  Tapi kulit wajah kamu yang sehat.  Semoga tulisan diatas bermanfaat .
Share:

Produk Wardah Cocok untuk Kulit Berjerawat dan Sensitif


Review produk Skin care  wardah utuk kulit berjerawat.

Apasih itu skin care?  Skin care adalah produk-produk kecantikan yang dikhususkann untuk merawat kulit,  seperti pencuci wajah, pelembab wajah, toner,serum,sunscreen dll. Semua yang termasuk kedalam produk perawatan kulit disebut skin care. 


Nah girls sbagai seorang wanita kita sadar keseharian kita  pasti tidak terlepas dengan produk yang namanya kecantikan, atau mungkin masih ada wanita disekitar kamu  yang tidak sama sekaii menggunakan produk skin care, contohnya tidak menggunakan pencuci wajah,  tidak menggunakan bedak dan tidak memerlukan sunscreen. Emang ada?  Ada donk,  nenek aku contohnya dia bilang dulu zamanya gak kenal sama produk-produk yang aneh gituan.hemm.. Iya juga,  sambil mikir "nenek Khn tinggalnya di daerah pegunungan sih hihi"

Tapi girls buat kita yg tinggal d daeah tropis gini, masa iya gak mentingin produkk skin care, apaun itu bentuknya dan racikannya baik dari Produk yang bermerek, racikan dokter ataupun lebel-lebel yang kadang belum ada BOM-nya.

Hari ini pingin nulis singkat aja,  mengenai produk skin care aku dari wardah yang aku gunain dan bagus buat kulit wajah aku yang sensitif dan berjerawat.  Karna udah sempat nyobain berbagai jenis produk yang cocok ga cocok di kulit wajah dan akhirnya kadang berakhir banjir jerawat di wajah.  Alhamdulilah nemuin yang cocok juga dari wardah.
Ok yukss aku langsung aja review.

Yang pertama aku mau kasi tau tentang krim malamku

Aku pakai cream malam wardah lightening step 2.  Sebenarnya sih pas dulu awal aku pertama mau cobain beli di toko, mbaknya sempat nyaranin dulu buat nyoba step 1. Katanya buat wajah yang virgin Say,  apa itu wajah virgin ? Wajah yang sama sekali beelum pernah tercemar sama krim-krim yang lainya. Mungkin simbaknya pas liat wajah aku yang kusam dan ABG ngirain belum pernh pakai cream abal" (hdgsgsgsgs).
Nah pas makai lightening night step 2 ini, setelah beberapa hari rasaiann ala celekit dan panas gitu di wajah aku ga berhentiin mungkin aku pikir cuam reasksi penyesuaian aja sama kulit aku.  Dan ternyata setelah makai 2 tahun rasanya tetap samaga berubah walaupun ga seperti pertama kali makai,  kadang rasa celekit itu kadang masih ada. Untuk hasil kerjanya di wajah aku.  Ini mantul banget, memang ga buat putih pucat. ngrasain efeknya itu sebulan setelah nghabisin 1 cup night cream. Tapi bisa ngembaliin wajah kita seperti tingkat yang lebih cerah hasilnyapun buat kenyal, karna mengandung AHA juga bisa membantu pengelupasan nghilangin bekas jerawat di wajah dengan cepat.  Untuk harganyaa juga terkira murah say aku beliknya d counter warfahnya harga 40.000

Yang kedua aku mau kasi Pelembab wajah ku,  aku pakai


Dulu sempat sebelum break out aku pakai yang brightening dan itu bagus babget,  kulit terasa lebih lembut,  bagus buat wajah yang kering Pokonya karna memang bisa ngelembabin banget,  cuma setelh wajah aku di banjiri jerawat karna break out slah kosmetik aku udah ga cocok lagi pakai pelembab brightening ini.  Karna wajah aku berminyak terus aku sedih banget padahal khn wajah aku perlu pelembab.
Tapi akhirnya aku nemu juga produk wardah yang bisa kontrol minyak dan jerawat di wajah aku yaitu acne pelembab wajah.


Memang ga secerah brightening pas di aplikasikan di wajah,  tapi produk ini memang mengklain khusus buat jerawat sesuai dengan namanya acne.


Yang ketiga sunscreen yang aku pakai yaitu sunscreen wardah SFP 30++



Ini kecintaan aku banget.  Karna selain bisa jadi perisai wajah di luar ruangan juga bisa lembabin wajah dan buat wajah terlihat glowing.  Hihi simpel sih bentuknya Untuk harganya

Pencuci wajah wardah


Untuk pencuci wajah wardah ini aku suka wanginya,  busanya juga banyak. Tapi kadang aku suka 2* ulang pas cuci muka gitu,  walaupun buSanya banyak kalau ngangkat minyak kayaknya memang akunya harus ulang lagi biar hasilnya maksimal. Mungkin karna wajah aku berminyak ya. Tapi menurut aku prncuci wajah ini cukup ringan di kulit aku.  Hasilnya juga buat kulit lebih cerah. Anff so far it's work it.

Scrub wajah wardah


Ini aku suka banget sama scrub Wardah Lightening  yang satu ini.  Mrmang untuk wanginya udah kecium, produk wardah itu hampir punya aroma yang khas gitu kalau diciium.  Nah ini scrub butirannya menurut aku halu,  rada agak lengket pas pertama diaplikasikan k wajah.  Tapi hasil akhirnya itu memang bisa ngangkat sel kulit mati diwajah,  cukup usap kw wajah dengan ringan.  Selama kulit aku berjerawat menurut aku scrub ini membantu banget ngelupas bekas jerawat yang gelap gitu diwajah. Pokoknya aku suka.

Masker wajah wardah


Nah ini dia masker wajah wardah aku. Hemm harganya sangat murah dIbanding dengan masker merek lainnya yang pernah aku beli,  sempet heran sih dengan harga segitu kok bisa ya hihi.  Memabg masker wajah ini ga buat wajah terlihat putih dan glowing kayak masker lightening lainnya.  Tapi buat wajah aku yang berjerawat dan banyak bekas jerawatnya menurut aku bagus diwajah,  ninggalin kesan halus dengan tekstur wajah aku berasa lembab.

Nahh buat kalian yang juga wajahnya berjerawat dan sensitif boleh coba deh.  Ok girls semoga bermanfaat.






Share:

Solusi Perawatan Rumah Jerawat Datang Bulan Mensturasi


Menstruasi sudah jadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan wanita. Walaupun menjadi fase yang mengubah suasana hati menjadi buruk, namun, seandainya juga fase ini tidak muncul atau telat, akan mengakibatkan kehawatiran bagi wanita. Tidak peduli sudah berapa ratusan kali sudah mengalami haid, tamu bulanan ini tetap saja menjadi hal yang mengganggu aktivitas sehari-hari. 

Apa saja gangguan di masa menstruasi yang paling sering dialami oleh wanita? Selain kram pda perut, suasana hati yang memburuk juga tidak kalah dengan masalah Jerawat.

Jerawat saat datang bulan !
Kenapa wajah kita berjerawat saat datang bulan ?
Karena saat datang bulan kulit wajah kita menjadi lebih sensitif dan produksi minyak pada wajahpun meningkat. Campuran bakteri dan sel kulit mati membuat pori-pori teraumbat dan menyebabkan jerawat.  Menurut penelitian dari Archieve of Dermatology, sebanyak 63% wanita yang akan haid mengalami keluhan timbulnya jerawat.

Biasanya menjelang  Siklus datang bulan terjadi perubahan hormon,  bukan hanya hormon yang merunah mood juga hormon hormon progesteron mulai meningkat. Peningkatan hormon progesteron ini juga akan diikuti pula dengan peningkatan jumlah sebum atau lemak. Peningkatan lemak yang terjadi menyebabkan bakteri P.acnes juga meningkat.
Walau Jeraawat datang bulan tidak bisa dihindari,  tapi masih ada cara meminimalisir radang akibat jerawat hormon datang bulan yaitu,

1. Menjaga kebersihan wajah

Mencuci wajah Anda dua kali sehari bisa mengurangi jumlah minyak yang ada di wajah. Sediakan tisu untuk selalu mengelap wajah kamu disaat wajah kamu berminyak.  Atau sediakan sapu tangan bersih khusus untuk wajahmu.

2. Rajin mencuci tangan
Tangan adalah salah satu anggota badan yang sangat mudah terpapar bakteri dan virus. Jika tangan Anda yang kotor menyentuh jerawat yang sedang meradang, jerawat pun akan susah membaik. Maka selalu ingat kebersihan tangan saat hendak menyentuh wajah. Atau juga bisa meminimalisir tangan untuk menyentuk wajah.

3. Rajin membersihkan HP karena di Ponsel
Terdapat banyak bakteri dan virus yang kasat mata begitu juga sarung bantal,  jangan lupa untuk sering mengganti sarung bantal dirumah.

4.Minum air putih yang cukup dan istirahat yang cukup juga penting untuk membuat kulit terhidrasi, dan memberikan istirahat untuk penyembuhan jerawat lebih cepat.  Semoga membantu!

Share:

Proses Terbentuknya Jerawat pada Kulit Wajah yang Kering



Proses terbentuknya jerawat yaitu berkaitan dengan banyaknya kelenjar minyak pada kulit, sebagai penyebab terjadinya jerawat. Jerawat terjadi dikarenakan pori-pori kulit yang tersumbat oleh minyak dan kulit mati.

Kemudian bagaimana proses terjadinya jerawat? Tahap awalnya dimuali oleh terjadi sumbatan pada folikel rambut atau pori-pori, sehingga terjadi penumpukan minyak dalam kulit, ketika itu terjadi, koloni bakteri jerawat akan tumbuh dan berkembang, sehingga menyebabkan terbentuknya komedo putih dan komedo hitam.

Keseluruhan proses tersebut akan menyebabkan peradangan, sehingga menimbulkan jerawat yang lebih parah sepertii jerawat batu dan kistik, apabila tidak memperhatikan kebersihaan pada wajah.  Jadi untuk menghindari jerawat baiklah  memperhatikan kebsrshan wajah dengan mencuci wajah 2X sehari agar terhindar dari minyak berlebih yang menyebabkan timbulnya jerawat.

Apakah Kulit kering juga bisa berjerawat ? 

Pernah dengar kata-kata bila punya wajah kering pasti jauh dari kata berjerawat?

Ungkapan ini salah. Apa itu jenis kulit yang kering ? Jenis kulit kering adalah jenis kulit yang  ditandai dengan pori-pori wajah yang kecil, produksi minyak/sebum yang lebih sedikit, kulit tampak kusam, mengelupas, dan mudah timbul kerutan. Namun perlu dibedakan antara kulit kering (kurang kandungan minyak/sebum) dengan kulit yang dehidrasi (kurang kandungan air).

Kulit kering tetap dapat mengalami masalah jerawat.Karena walaupun kulit nampak kering, namun kandungan minyak/sebum pada kulit tetap ada dan dapat memicu timbulnya jerawat
Kenyataannya, apapun jenis kulit Anda, kulit wajah biasanya akan tetap menghasilkan minyak. Hanya saja minyak yang dihasilkan tidak bisa menempel lama-lama pada kulit, karena pada dasarnya kulit kering itu sendiri artinya kondisi kulit yang rusak, karena kulit Anda bergantung pada lapisan minyak (lipid) jadi untuk mencegah berbagai kuman penyebab iritasi dan mempertahankan regenerasi sel yang konsisten. Jenis kulit kering sudah kehilangan kemampuannya optimalnya untuk melakukan tugas ini.

Akibatnya, kulit kering justru mungkin menghasilkan lebih banyak minyak sebagai upaya untuk melembapkan diri sendiri, menyebabkan sel kulit mati menumpuk lebih banyak di permukaan kulit sehingga kulit mudah teriritasi dan meradang. Pada akhirnya, peradangan dan tumpukan kulit mati ini meningkatkan potensi pori-pori tersumbat danI timbul jerawat.

Baca juga : kenali jenis kulitmu dan perawatannya 

Share:

Penyebab Timbulnya Jerawat dan Cara Mengatasinya.



Jerawat adalah suatu keadaan di mana pori-pori kulit tersumbat oleh kelenjar minyak atau kotoran dari sel kulit mati, sehingga menimbulkan kantung nanah yang meradang. 

Jerawat adalah penyakit kulit yang cukup besar jumlah penderitanya. Wajah dengan tingkat produksi minyak yang tidak normal  cenderung mudah mengalami masalah berjerawat terutama pada area kulit dengan jumlah kelenjar minyak yang relatif tinggi, termasuk wajah, bagian atas dada, dan punggung.

Kligmann, seorang peneliti masalah jerawat ternama di dunia berpendapat, "Tak ada satu orang pun di dunia yang melewati masa hidupnya tanpa jerawat di kulitnya." Kemungkinan penyebabnya adalah perubahan hormonal yang merangsang kelenjar minyak di kulit. Jadi walaupun tidak jerawatan pada masa pubertas jerawat juga bisa timbul pada anak diusia sebelum puber dan setelah dewasa.

Untuk mengetahui lebih lanjut penyebab munculnya jerawat dibawah ini telah diuraikan,

1.Perubahan Hormon

Timbulnya jerawat di wajah umumnya terjadi akibat lonjakan hormon estrogen pada perempuan. Senyawa tersebut biasanya meningkat pada saat menjelang menstruasi, kehamilan atau ketika seseorang memasuki masa pubertas. Ketika hormon estrogen meningkat, maka kelenjar minyak dan pori-pori pada kulit semakin terbuka lebar yang membuat Anda rentan terkena jerawat serta bakteri.

Cara Mengatasinya

1. Menggunakan Tea tree oil

Tea tree oil alias minyak pohon teh, dikenal mampu mengurangi peradangan yang dapat menyebabkan jerawat.  penelitian menunjukkan bahwa sebanyak lima persen tea tree oil yang dioleskan langsung dapat membantu menghilangkan gejala jerawat ringan hingga sedang.

2. Konsumsi Teh hijau

Teh hijau dikenal sebagai antioksidan yang mampu mengurangi peradangan di dalam tubuh. Sebagai salah satu usaha untuk mengatasi jerawat karena hormon, Anda bisa minum teh hijau setiap harinya.

3. Menggunakan produk yang mengandung Alpha Hydroxy Acid (AHA)

Alpha Hydroxy Acid adalah kelompok asam alami yang berasal dari tanaman. AHA dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati yang berlebih dan menyumbat pori. Pori yang tersumbat merupakan salah satu faktor penyebab jerawat yang sudah tidak asing lagi.Anda bisa menemukan AHA dalam produk perawatan kulit yang banyak dijual di pasaran.

2. Faktor Genetik

Sifat genetik yang diwariskan diakui bisa menjadi penyebab munculnya jerawat. Orang-orang yang memiliki masalah jerawat pada umumnya diturunkan dari orang tuanya yang juga mempunyai masalah yang sama. Dimana gen yang diturunkan adalah gen-gen yang berhubungan dengan aktivitas kelenjar minyak yang berlebih

Cara Mengatasinya

1.Rajin mencuci muka minimal 2x sehari dengan sabun yang tidak banyak menghasilkan busa
2. Diet rendah lemak dan karbohidrati
3. Hidup sehat, olahraga 3x/minggu minimal 30 menit
4. HIndari stress.
5.Gunakan kosmetik secukupnya, hindari kosmetik berbahan dasar minyak, gunakan yang berhahan dasar air.
6.Hindari hal yang dapat memacu kelenjar minyak: alkohol, makanan pedas, rokok.
7.Hindari polusi udara. Pakai masker apabila keluar rumah.
8.Hindari pemencetan jerawat karena dapat menyebabkan peradangan yang lebih parah.

3.Pengunaan Kosmetik yang tidak tepat

Penyumbatan pori-pori kulit dan saluran folikel rambut juga dapat disebabkan oleh pengguanaan kosmetik. Penyumbatan terjadi akibat kosmetik yang banyak mengandung minyak atau pun bedak yang dicampur dengan foundation yang berstektur creamy atau two way cake. Selain itu, kosmetik yang mengandung kadar alkohol tinggi atau ketidak cocokan kosmetik juga dapat menyebabkan timbulnya jerawat. Jika anda selesai memakai kosmetik sebaiknya wajah dicuci bersih sehingga tidak tertinggal sisa-sisa kosmetik pada wajah.

Selain itu perhatikan jenis kulit Anda dengan baik dan pilih produk yang sesuai dengan kondisi tersebut. Penggunaan produk perawatan yang tidak sesuai dengan jenis kulit pastinya akan makin memperparah jerawat yang ada

Cara mengatasinya

1. Menggunakan Benzolac

Benzolac adalah obat berbsntuk krim yang mampu mengatasi jerawat ringan, sedang sampai parah sekalipun. Kemampuannya untuk membasmi bakteri dan mengurangi produksi minyak pada kulit berjerawat. Penggunaanya hanya pada tempat yang berjerawat saja. Benzolac akan memberikan efek kering dan mempermudah pengelupasan sel kulit yang berjerawat. Jerawat mudah hilang, namun efek kering pada kulit ini harus diatasi dengan bantuan penggunaan pelembab wajah.

Baca juga :  merawat wajah dengan benzolac sampai sembuh

2. Menggunakan Retinoid untuk Jerawat

Retinoid merupakan turunan dari vitamin A yang juga telah menjadi  langkah menghilangkan jerawat yang terjadi akibat produk kosmetik. Bahan yang satu ini juga dapat mengatasi komedo

Cara kerja retinoid adalah dengan menjaga tumbuhnya sel-sel kilit, ketika kulit yang menjadi bakal jerawat muncul, retinoid membatasi ini. Artinya penyembuhan jerawat akan memerlukan waktu yang sedikit.Sayangnya penggunaan retinoid ini tidak bisa didapatkan dengan sembarangan karena memwrlukan resep dokter.

3. Menggunakan Asam Salisilat Mengatasi Jerawat

sangat efektif dalam mengatasi lesi jerawat yang merupakan lesi jerawat  karena bersifat non inflamasi. Dengan menggunakan asam salisilat kondisi yang abnormal yang terjadi pada sel kulit serta pori–pori Kamu bisa teratasi. Caranya menghilangkan jerawat dengan asam salisilat yaitu harus dilakukan secara terus menerus atau berkelanjutan.

4. Menggunakan antibiotik

Antibiotik memiliki kemampuan mematikan bakteri pada kulit yang akan memicu tumbuhnya jerawat. Tetapi itu juga memiliki efek samping, kulit akan memerah, terasa panas, den akan terasa panas.Bahan yang terdapat didalamnya mampu mengatasi jerawat yang satu ini dapat membantu pengurangan jumlah bakteri yang terdapat pada permukaan kulit sehingga nantinya dapat mencegah serta juga dapat mengatasi masalah jerawat bahkan sampai parah sekalipun.

4. Peningkatan Stres

Ketika seseorang mengalami tekanan atau stres, maka hormon di dalam tubuh akan ikut berubah. Perasaan yang tidak stabil mampu meningkatkan hormon adrenalin yang merangsang kenaikan hormon stres yakni kortisol. Kedua senyawa tersebut dapat membuat kelenjar minyak pada wajah meningkat hingga menyebabkan jerawat.

Stres adalah faktor yang secara tidak langsung menyebabkan munculnya jerawat. Pada kondisi stres menyebabkan kondisi hormon menjadi tidak stabil yang mempengaruhi produksi dan sekresi minyak dari kelenjar minyak. Selain itu kondisi stres mempengaruhi asupan makan dan kondisi sistem imun yang menurun sehingga infeksi bakteri dengan mudah berkembang biak

Cara mengatasinya

1. Jangan Lewatkan Mencuci Muka

Hal sederhana seperti mencuci muka dengan sabun dua kali sehari dapat membantu untuk mencegah timbulnya jerawat. "Jangan lupa untuk mencuci muka dua kali sehari, lakukan eksfoliasi pengelupasan kulit mati, dan pakai pelembab setiap hari," ujar dokter kulit dr. Sejal Shah asal Amerika seperti dikutip dari Teen Vogue.

Bahkan jika Anda melakukan aktivitas di luar ruangan dan banyak berkeringat, sempatkan diri untuk mencuci muka tiga kali sehari. Pilih pembersih muka yang mengandung bahan pembasmi jerawat seperti benzoyl peroxide atau sulfur.

2.Cari Hal yang Menenangkan

Meski terdengar sulit dilakukan saat Anda tengah stres, namun mencari sesuatu yang dapat menenangkan Anda berguna untuk mencegah timbulnya jerawat. Luangkan waktu untuk melakukan hal yang bisa menenangkan diri sekaligus mengurangi kadar stres, seperti yoga atau meditasi. Lakukan hal ini dengan intensitas waktu yang sering sampai Anda merasa lebih relaks.

3.Ubah Pola Makan

Pola makan yang kurang tepat bisa memicu timbulnya jerawat. Dr. Sejal menyarankan untuk mengubah pola makan dengan mengonsumsi makanan yang rendah kadar glikemik seperti ubi serta kacang-kacangan dan sayur yang kaya antioksidan.

4. Cukup Tidur

Dr. Sobel, dermatologis yang berbasis di New York merekomendasikan untuk tidur 8 jam sehari ketika Anda tengah dilanda stres agar jerawat tidak muncul. Namun jika wajah sudah mulai dipenuhi jerawat, gunakan krim atau skincare yang bisa dipakai di malam hari dan bekerja saat Anda tengah terlelap.

5. Hindari Menyentuh Wajah

Saat tengah stres, secara tidak sadar ada kebiasaan-kebiasaan buruk yang sulit dihiliangkan. Seperti mengusap wajah atau memencet wajah yang ditumbuhi jerawat.

"Jangan menyentuh wajah dan mengusapnya bila tangan dalam keadaan tidak higienis. Bakteri yang ada di tangan dapat dengan cepat berpindah ke kulit. Jangan juga memencet jerawat saat sedang stres karena efeknya akan semakin buruk," terang dr. Sobel.



Share:

Bagaimana Mencuci Wajah dengan Benar Sesuai dengan Jenis Kulit Wajah?

Mencuci Wajah dengan Benar Sesuai dengan Jenis Kulit Wajah



Mencuci wajah adalah sebuah ritual yang kita lakukan setiap hari,  selain untuk Membersihkan Wajah dari kotoran dan minyak juga membuat wajah kita menjadi segar. 
Persespi kita mengenai Membersihkan wajah pada umum terlihat sederhana. Kita  hanya perlu membasahi muka terlebih dahulu, menuangkan sabun pembersih ke telapak tangan, kemudian menggosoknya ke permukaan wajah, lalu dibilas dengan air sampai bersih.
Kebiasaan membersihkan wajah menjadi rutinitas yang sangatlah penting. Dimulai dari bangun tidur sampai dengan sebelum tidur pada malam hari.

Namun Idealnya, mencuci wajah hanya diperlukan sebanyak dua kali sehari, yaitu di pagi hari dan malam hari. Karena kotoran dan minyak bisa menumpuk di kulitmu, bukan berarti kita harus terus-terusan mencuci wajah, kecuali di rekomendasikan oleh dokter.

Mencuci wajah lebih dari dua kali sehari  Malah akan  membuat kulit wajah bisa kehilangan minyak alaminya. jadi mencuci wajah yang berlebihan harus dihindari,  mengapa harus dihindari? Karena wajah tetap memerlukan minyak alaminya  agar tetap sehat dan terjaga kelembapannya. Jika kulit terlalu kering, tubuh justru akan memproduksi lebih banyak minyak yang bisa menyebabkan munculnya jerawat. Intinya, menjaga kulit tetap bersih dan lembap adalah kunci dari kulit bebas jerawat.


Namun sebelumnya, Taukah kamu bahwa tidak semua cara membersihkan wajah yang benar itu sama bagi semua orang. Cara membersihkan wajah yang benar masing-masing berbeda di setiap jenis kulit.
Maka dari itu kita perlu mengetahui cara membersihkan kulit wajah yang benar berdasakan jenis kulit,  berikut. 

Membersihkan kulit wajah yang normal

1. Mencuci Tangan

Baik kulit normal, kulit berminyak dan kulit yang kombinasi mencuci tangan sebelum memulai adalah sangat penting, ingatlah untuk membersihkan tangan terlebih dahulu untuk menghilangkan bakteri dan kuman pada tangan sehingga menghindari peepindahan bakteri ke wajah. 

2.Bersihkan makeup sebelum mencuci wajah dengan air

Setelah mencuci tangan, membersihkan wajah yang pertama yaitu dengan membersihkan makeup. Kita Berpikir bahwa mencuci wajah dengan sabun sudah cukup untuk menghilangkan makeup? Tapi keliru!, bahwa membersihkan wajah yang benar adalah dengan menghilangkan makeup terlebih dahulu dengan menggunakan cairan remover.

3. Bersihkan dengan lembut

Cara selanjutnya dengan mencuci wajah dengan lembut. Setelah membersihkan makeup, barulah setelah itu cuci wajah dengan sabun pencuci muka sesuai dengan kulit wajah. Selain menggunakan jari, kamu juga bisa memakai sponge atau waslap khusus untuk wajah. Setelah selesai mencuci wajah dengan sabun, basuhlah sisa sabun di wajah dengan air hangat. Jangan gunakan air yang terlalu dingin atau panas, karena dapat merusak pembuluh kapiler dan mengiritasi kulit.

4.Keringkan wajah perlahan dan gunakan handuk bersih

Cara Selanjutnya dengan mengeringkan wajah. Wajah sudah bersih, bukan berarti bebas mengeringkan wajah dengan handuk seadanya. Jangan sesekali gunakan handuk pengering tangan yang menggantung di wastafel. Walau kelihatannya bersih, tetap saja ada banyak bakteri menempel. Araupun menyamakan handuk badan dan handuk muka. Gunakanlah handuk khusus untuk wajah kamu. 

5.  Memberikan Perawatan pada Wajah 

Cara  selanjutnya memberikan perawatan. Cobalah untuk tetap menjaga kebersihkan wajah dan sekitar tempat tidurmu. Selalu ganti sarung bantal dengan yang bersih atau tataki dengan kain bersih. Selanjutnya gunakanlah  produk perawatan sesuai dengan tipe kulit wajahmu.

Cara Membersihkan Wajah Dengan Benar Untuk Kulit Berminyak

1.Cuci tangan

Cara membersihkan wajah pertama kali yang dilakukan adalah cuci tangan. Sama seperti sebelumnya untuk kulit normal.  Pertama sebelum memulai, cucilah tangan sebelum menyentuh wajah. Jika tangan kotor, bakteri atau debu bisa saja menempel di kulit berminyak sehingga berpotensi menimbulkan jerawat. Cuci tangan menggunakan sabun anti bakteri dan bilas dengan air hangat.

2.Bersihkan dulu makeup

hampir sama denfan sebelumnya Cara membersihkan wajah selanjutnya dengan membersihkan makeup. Bagi kamu yang menggunakan makeup sehari-hari, baiknya bersihkan terlebih dulu dengan pembersih khusus sesuai dengan jenis kulit berminyak. Tetap basuh wajah kamu dengan air hangat setelahnya walaupun sudah dibersihkan dengan pembersih makeup.

3. Gunakan lotion pembersih

Cara membersihkan wajah lainnya dengan menggunakan lotion pembersih. Sebelum memulai mencuci muka, umumnya kamu bisa menggunakan rangkaian milk cleanser dan toner di tahap pertama. Keluarkan sedikit lotion pembersih atau milk cleanser pada ujung jari atau handuk.
Perlahan oleskan pembersih ke seluruh wajah. Pastikan untuk mengoleskannya ke semua area wajah, dagu, dahi, hidung, pipi hingga leher. Pijat wajah dengan gerakan memutar selama beberapa menit. Setelahnya basuh dengan kapas yang telah dibasahi air.

4. Cuci wajah dengan air dingin

Cara membersihkan wajah selanjutnya dengan mencuci menggunakan air dingin. Cuci wajah dengan air dingin dan pembersih muka tipe kulit berminyak, meski sudah dibersihkan dengan lotion pembersih. Bersihkan wajah di bagian T-Zone, yakni dahi, hidung dan dagu. Lalu bilas hingga kamu merasa pembersihnya telah terbilas semua. Mencuci wajah dengan air dingin dapat menutup pori-pori yang terbuka dan meningkatkan sirkulasi.
5. Usap wajah perlahan
Cara membersihkan wajah selanjutnya dengan mengusap wajah perlahan menggunakan handuk wajah yang bersih dan lembut. Keringkan wajah dengan cara menepuk-nepuk ringan menggunakan handuk, atau mengusapnya halus. Jangan menggosoknya. Gunakan handuk yang khusus untuk muka, jangan pakai handuk yang sama dengan yang digunakan untuk mandi.

6. Gunakan toner

Cara selanjutnya gunakan toner. Jika kulitmu berminyak, disarankan untuk memakai toner wajah setelah selesai mencuci muka. Toner dapat membersihkan semua bekas riasan, debu, dan minyak yang pembersih tidak bisa bersihkan. Toner juga dapat mengangkat sisa sabun, mengecilkan pori-pori, menghilangkan minyak, dan menghaluskan kulit.

7.  Lembapkan kulit

Cara membersihkan wajah selanjutnya dengan melembabkan kulit. Gunakan pelembap wajah setelah mencuci wajah karena kulit akan  terasa  kering setelah dicuci, meskipun jika jenis kulitmu berminyak. Pastikan pelembap yang kamu gunakan sesuai dengan jenis kulit berminyak   debgan berbahan dasar oil-free air atau gel.

Meskipun terlihat mudah untuk dilakukan, sayangnya tidak semua orang paham jenis kulit dan ritual yang digunakan sehingga berakibat hasil yang didapatkan tidak maksimal. 
Share:

Penyebab Wajah Menjadi Rentan Berjerawat dan Perawatannya

Penyebab Wajah Menjadi Rentan  Berjerawat   dan Perawatan Kulit yang Tepat

Sebagian orang kerap mengalami jerawat, kondisi ini sering terjadi pada mereka yang umumnya memiliki kulit sensitif. Bagi Anda yang memiliki kondisi ini, penting untuk mengetahui tentang perawatan kulit yang tepat guna mencegah masalah kulit berlanjut

Jerawat merupakan salah satu masalah pada kulit yang paling umum terjadi. Jerawat bisa terbentuk ketika pori-pori kulit tersumbat oleh penumpukan sel kulit mati, minyak alami kulit atau sebum, dan kuman dikatakan lebih rentan terkena jerawat.

 Kulit sensitif sendiri ditandai dengan mudahnya muncul kemerahan, perih dan gatal setelah terpapar zat atau kondisi tertentu, seperti sinar matahari, suhu panas atau dingin, sabun, debu, hingga stres.
penyebab utama bukan pada bakteri, melainkan kondisi kulit, dimana microbiome (keseimbangan hidup bakteri di kulit) kacau. Penelitian yang dipresentasikan di Microbiology Society’s Annual Conference itu juga mengungkapkan bahwa bakteri Propionibacterium acnes (yang sering dihubungkan sebagai penyebab munculnya jerawat) merupakan bakteri yang paling banyak tinggal di folikel bulu halus wajah, termasuk di wajah yang sehat dan bersih tanpa jerawat.


Kulit sensitif dapat muncul pada usia dewasa dan bahkan risikonya meningkat dengan bertambahnya usia. Oleh karena itu, tidak menutup kemungkinan bahwa jerawat juga dapat muncul pada usia yang lebih tua. Namun jangan takut, ada beberapa tips perawatan kulit yang bisa Anda coba untuk membantu mengatasi masalah kulit terkait jerawat dan kulit sensitif.

Merawat kulit yang sensitif dan mudah berjerawat tidaklah mudah. Agar kulit Anda tetap sehat, Anda bisa menerapkan beberapa kebiasaan di bawah ini setiap hari.

1. Rutin mencuci muka

Mencuci muka dua kali sehari, terutama setelah wajah berkeringat atau berminyak dapat mengurangi risiko terkena jerawat. Bagi Anda yang memiliki kulit sensitif, disarankan memilih sabun muka dengan kandungan lembut yang tidak iritatif. Bersihkan wajah dengan lembut, jangan menggunakan scrub. Anda bisa mencoba sabun berbentuk gel atau cair yang lebih lembut untuk kulit.

2. Cermati kandungan produk perawatan kulit

Untuk mencegah iritasi kulit, Anda perlu mencermati kandungan dalam produk perawatan kulit yang digunakan. Bagi pemilik kulit sensitif yang rentan berjerawat, disarankan menghindari produk yang mengandung pewangi, antibakteri, alkohol, dan deodoran.
Hindari paparan matahari dan gunakan tabir surya
Terutama paparan sinar matahari secara langsung antara pukul 10 pagi hingga pukul 2 siang. Agar aman, gunakan tabir surya sebelum beraktivitas di luar ruangan. Kulit sensitif sebagaimana jenis kulit lain, membutuhkan tabir surya untuk melindungi dari sinar matahari. Gunakan yang mengandung perlindungan terhadap UVA dan UVB, serta mengandung bahan seng oksida (zinc oxide) dan titanium dioksida.

3. Mengonsumsi makanan yang sehat

Perbanyak konsumsi sayuran, buah, protein, biji-bijian, serta makanan lain yang mengandung vitamin C. Kurangi makanan yang mengandung lemak jenuh. Mengonsumsi makanan sehat selain baik untuk kesehatan tubuh, juga baik untuk kesehatan kulit.
Tips Memilih Produk yang Aman bagi Kulit Sensitif
Kulit yang rentan berjerawat tidak bisa sembarang memilih dan memakai produk. Untuk pelembap, coba cek dulu, apakah 3 kriteria ini sudah terpenuhi?

4. Pilih Produk Hypoallergenic

Produk hypoallergenic, termasuk pelembab, diklaim memiliki risiko reaksi alergi lebih rendah dibanding produk pada umumnya. Karena itu bagi yang memiliki kulit sensitif disarankan memilih produk berlabel hypoallergenic.

5. Tidak mengandung terlalu banyak bahan aktif

Pelembab untuk kulit sensitif sebaiknya tidak mengandung lebih dari 10 bahan baku. Semakin sedikit bahan yang dikandung sebuah pelembab, semakin kecil potensi efek samping yang mungkin ditimbulkan. Untuk membantu merawat kulit sensitif, Anda bisa mencoba produk berbahan zinc yang baik untuk kulit sensitif dan berjerawat, juga produk berbahan witch hazel yang kaya antioksidan.

6. Tidak ada kandungan asam yang berlebihan

Kandungan asam yang terlalu tinggi perlu dihindari saat memilih pelembab untuk kulit sensitif. Namun, dalam jumlah yang tidak berlebihan, kandungan asam justru membantu mengatasi jerawat.

Gen manusia juga nyatanya ikut andil menentukan kondisi kulit. Hasil penelitian menunjukkan bakteri di wajah diperkaya oleh gen. Orang dengan wajah tidak berjerawat memiliki bakteri dengan gen sehat, sedangkan wajah berjerawat memiliki bakteri dengan gen yang mudah menderita penyakit, artinya lebih banyak produksi racun yang merusak kulit.

Share:

Pentingnya Sunscreeen Bagi Kulit

Mengapa Memakai Tabir Surya Penting?



Tabir surya atau Sunscreen merupakan salah satu pelindung kulit yang mampu mencegah dampak buruk yang dihasiklan dari sinar matahari.

Walaupun dibalik manfaatnya di pagi yang mampu memberikan Vitamin D buat kulit namun paparan sinar ultraviolet berlebih dalam waktu lama malah akan merusak serat kolagen dan elastin (lapisan dermis kulit).

Sinar Ultraviolet (UV) adalah sinar tidak tampak yang merupakan bagian energi yang berasal dari matahari. Sinar UV dapat membakar mata, rambut, dan kulit jika bagian tubuh tidak dilindungi, atau jika kamu terlalu banyak terkena sinar matahari.

Tahukah kamu walaupun langit terlihat mendung,  tapi sinar UV hampir 80% masih dampat menembus awan mendung tersebut. Bayangkan apalagi langit cerah terik dan tidak mendung dan kulit kamu terpapar sinar matahari.
Aktivitas diluar seperti mengendarai motor, duduk di taman, bahkan cahaya yang masuk melelui kaca mobil dan ruangan yang berjendela masih bisa ditembus oleh sinar UV. Jadi jika begitu apakah kamu sadar adanya efek dan ancaman yang serius untuk kulit kamu setiap harinya.

Bahaya dari sinar UV yang sering kamu dengar salah satunya adalah rentan terkena kanker kulit. Namun, sebelum itu terjadi, kulit akan mengalami proses kerusakan secara bertahap, di antaranya adalah penuaan sebelum waktunya

Jadi bagaimana? 

Jika kamu sayang dengan kulitmu maka kamu perlu menjaganya.  Menggunakan pelindung kulit yang mampu memproteksi kulit dari jahatnya paparan radiasi dari UV.  SPF  merupakan kepanjangan dari Sun Protection Factor yang merupakan suatu zat yang terkandung dalam produk perawatan kulit termasuk sunscreen yang bermanfaat untuk memproteksi kulit dari paparan sinar matahari.

Oleh karena itu sangat penting menambahkan pemakaian sunscreen dalam aktivitas sehari-hariidak hanya dibutuhkan saat hari cerah. Ketika hari berawan atau mendung, sinar matahari tetap ada dan bisa menembus kabut. Jika kamu berada di luar ruangan saat berawan, kulit pun tetap berisiko mengalami sunburn. Jadi, tetap gunakan tabur surya meski cuaca tidak cerah.

Selain fungsinya yang untuk memproteksi kulit, beberapa manfaat nyata penggunaan sunscreepun, yaitu

1. Mencegah Penuaan Dini
2. Menurunkan Risiko Kanker
3. Mencegah Sunburn
4. Mencegah Penggelapan Kulit
5. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Setelah membaca beberapa manfaat dan pentingnya penggunaan SPF bagi kulit, maka itu kamu perlu menambahkan produk sunscreen di dalam produk kecantikanmu,penggunaan setiap hari mampu  menjauhkan kulit dari kerusakan dan penuaan dini. Karena tabir surya adalah kewajiban, bukan kebutuhan di saat musim panas. tabir surya telah terbukti melindungi sel-sel kulit dari kerusakan DNA  imbas dari sinar UV.  Selain kegunaannya yang meraeat,  Tabir surya juga dapat menjadikan kulitmu lembut dan terkihat sehat.
So dont forget to use every day to you activity. 

Share:

Jenis-Jenis jerawat dan Cara Mengatasinya

Jenis-Jenis Jerawat dan Cara Mengatasinya


Jerawat kok dirawat ?
Kata-kata yang pernah populer dari sebuah iklan dari TV (lupa merek ikalnya)  membuat aku sempat bingung,  apa benar jerawat dirawat ?  Mungkin maksudnya jerawat perlu mendapatkan perawatan yang benar. Setiap jerawat mempunyai latar belakang.  Wajah si A dan si B berjerawatan,  tapi bisa saja si A jerawat akibat hormon dan si B akibat salah kosmetik sehingga memerlukan perawatan yang berbeda pula. Di blog ini bukan hanya diuraikan jenis jerawat tapi juga tips mengatasi jerawat tersebut,  yuk langsung Kita bahas berikut,  

1 Whitehead

Whitehead adalah sejenis jerawat yang terbentuk dari sel kulit mati, minyak, dan bakteri yang menyumbat pori-pori wajah.

Whitehead berada di bawah permukaan kulit pori-pori yang tertutup.Whitehead dapat terjadi pada usia kapan saja. Namun, whitehead paling sering terjadi saat perubahan hormon saat pubertas, menstruasi, kehamilan, dan menopause.

Cara mencegah jerawat whitehead

1.Pilihlah produk dengan label noncomedogenic, karena  produk ini tidak akan menyumbat pori-pori.

2. Mandi dan keramaslah secara rutin, namun jangan berlebihan. Menghabiskan minyak pada kulit malah dapat meningkatkan produksi minyak Berlebih.

3. Gunakan pembersih yang lembut untuk mencuci muka 2 kali sehari. Jika rambut Anda berminyak, keramaslah setiap hari.

Cara mengobati jerawat whitehead

Jerawat jenis ini terjadi ketika lapisan tipis kulit menutupi

Jerawat jenis ini dapat disebabkan oleh berbagai jenis faktor. Namun, yang paling umum disebabkan oleh minyak, sel kulit mati, dan perubahan hormonal.
Cara terbaik untuk mengatasi whitehead adalah menjaga area di sekitarnya bebas dari bakteri dan sel kulit mati.

Rata-rata whitehead secara alami hilang dalam waktu sekitar satu minggu.

merekomendasikan kita untuk mencuci wajah di pagi dan malam hari dengan pembersih wajah yang mengandung salisilat dan asam glikolat

2. Blackhead

Blackhead merupakan jenis jerawat yang berbentuk komedo, yang terbuka yang sebenarnya adalah folikel rambut yang lebih besar dari folikel lain, kemudian tersumbat oleh minyak, sel kulit mati dan kadang sisa kosmetik atau debu kotoran yang disebabkan oleh lingkungan sekitar.
Baca juga
Sama seperti whitehead, komedo disebabkan oleh pori-pori tersumbat dan produksi minyak berlebih karena perubahan hormon.

Cara mengatasinya

1. Cucilah wajah dua kali sehari menggunakan sabun yang mengandung benzoyl peroxide atau salicylic acid

2. Melakukan eksfoliasi untuk mengangkat sel-sel kulit mati

3. Gunakan produk kosmetik yang bersifat noncomedogenic

4. Menggunakan krim yang mengandung tretinoin atau Retin-A

3. Jerawat hormonal

Salah satu faktor yang mempengaruhi munculnya jerawat adalah hormon. Hormon yang berperan dalam timbulnya jerawat adalah hormon androgen. Oleh sebab itu, jerawat hormonal sering diderita oleh mereka yang masih remaja dan sedang menstruasi. Berikut adalah cara mengatasi jerawat

Cara mengatasinya

1. Hindari makanan olahan

2. Tetap memperhatikan kebersihan, baik wajah ataupun rambut.

3. Minum teh hijau

4. Konsumsi Probiotik
Beberapa orang yang mengalami masalah jerawat umumnya memiliki masalah asam lambung, yang dapat menempatkan mereka pada risiko ketidakseimbangan bakteri. Probiotik dapat membantu mengatur bakteri dan mengurangi kadar sebum untuk mengobati jerawat. Probiotik dalam ditemukan dalam yogurt sehat yang dapat Anda temukan di berbagai swalayan.

5.  Apabila jerawat tak kunjung sembuh makan alangkah baiknya segera kunjungi dokter

4. Pustula

Pustula adalah jenis jerawat yang berukuran lebih besar disertai nanah pada puncaknya. Jerawat ini mirip dengan whitehead (jerawat nonperadangan akibat tertutupnya pori oleh minyak dan sel kulit mati) yang juga berwarna putih di bagian atas.

Cara mengatasinya

1. Gunaan Benzoil Peroksid
Penggunaan  Benzoil peroksida bekerja sebagai antiseptik yang menurunkan bakteri di permukaan kulit dan bersifat antiradang.

2. Oral atau Topikal Antibiotik
Obat antibiotik dapat diberikan pula untuk mengakhiri masalah jerawat peradangan. Obat antibiotik oral (minum) seperti doxycycline cukup sering digunakan untuk mengatasi timbulnya jerawat.
Obat antibiotik dapat diberikan pula untuk mengakhiri masalah jerawat peradangan. Obat antibiotik oral (minum) seperti doxycycline cukup sering digunakan untuk mengatasi timbulnya jerawat.

3. Topikal Retinoid Topikal retinoid seperti tretinoin dan adapalen umum digunakan untuk mengatasi jerawat. Sama dengan obat lainnya, kamu tidak bisa menggunakannya dalam jumlah banyak.


5. Papula

Papula biasanya muncul dalam bentuk benjolan kecil berwarna merah pada kulit. Benjolan ini biasanya berkelompok dan bisa sangat menyakitkan.

Beberapa orang yang mengalami masalah jerawat umumnya memiliki masalah asam lambung, yang dapat menempatkan mereka pada risiko ketidakseimbangan bakteri.

Papula dan pustula merupakan jenis jerawat peradangan yang hampir sama. Meski begitu, keduanya memiliki ciri-ciri yang khas dan dapat dibedakan. Kenali jerawatmu sebelum menentukan pengobatan.

Untuk cara mengatasinya juga tidajk jauh berbeda
Yaitu

Cara mengatasinya

1. Gunaan Benzoil Peroksid
Penggunaan  Benzoil peroksida bekerja sebagai antiseptik yang menurunkan bakteri di permukaan kulit dan bersifat antiradang.

2. Oral atau Topikal Antibiotik
Obat antibiotik dapat diberikan pula untuk mengakhiri masalah jerawat peradangan. Obat antibiotik oral (minum) seperti doxycycline cukup sering digunakan untuk mengatasi timbulnya jerawat.
Obat antibiotik dapat diberikan pula untuk mengakhiri masalah jerawat peradangan. Obat antibiotik oral (minum) seperti doxycycline cukup sering digunakan untuk mengatasi timbulnya jerawat.

3. Topikal Retinoid Topikal retinoid seperti tretinoin dan adapalen umum digunakan untuk mengatasi jerawat. Sama dengan obat lainnya, kamu tidak bisa menggunakannya dalam jumlah banyak.

6. Jerawat kistik

Jerawat kistik merupakan infeksi dan peradangan yang terjadi di selaput kulit. Jerawat kistik ini terjadi karena adanya ketidakseimbangan hormon pada tubuh. Jerawat kistik muncul di bagian rahang, pipi, dan dagu.
Jerawat jenis ini biasanya terjadi jauh di bawah permukaan kulit dan sangat menyakitkan.

Jerawat jenis ini terjadi ketika pori-pori tersumbat oleh minyak dan sel-sel kulit mati, tetapi infeksi itu masuk lebih dalam ke kulit, menghasilkan benjolan merah yang lebih besar dan terisi oleh cairan

Cara mengatasinya

1. Mengompres bagian yang berjerawat dengan es batu

2.  Selalu gunakan mounturizer

3. Memilih sabun yang tepat sesuai jenis kulit

4. Benzoyl Peroxide
Benzoyl Peroxide merupakan zat yang dapat mengempeskan dan menghilangkan jerawat kistik pada wajah sehingga membantu kamu dalam proses pembersihan jerawat.

7. Nodul

Jerawat ini memiliki warna yang mungkin sama dengan kulit atau berubah menjadi merah saat mengalami peradangan.
Seperti jerawat kistik, nodul adalah bentuk lain dari jerawat yang membutuhkan bantuan dokter kulit.

Jerawat nodular bisa bertahan selama berminggu-minggu atau bahkan berbulan-bulan jika tak ada perawatan yang tepat,

1. Membersihkan muka minimal 2 kali sehari terutama setelah bepergian dari luar atau setelah menggunakan rias waj

2. Jangan menggunakan pembersih yang sifatnya foam atau yang terlalu berbusa

3. Hindari menyentuh muka terlalu sering saat tangan Anda kotor karena memudahkan untuk terjadinya jerawat

4. Menggunakan bedak tabur untuk mencegah kulit berminyak

5. Gunakan tabir surya saat Anda bepergian keluar

Apapun jenis jerawat yang sedang kamu alami pasti sangat mengganggu. Jadi perlu untuk mengetahui tindakan yang tepat untuk menghindari jerawat semakin parah.  Semoga artikel ini bermanfaat

Baca juga 
1. Menghilangkan jerawat meradang sampai sembuh 

2. Salep Apotik dan bahan alami untuk Jerawat


Share:

Kenali Jenis Kulit Wajah dan Tips Perawatannya

kenali, Beda Jenis Wajah dan Tips Perawatannya 



Mengenali jenis kulit  sangat penting untuk memilih jenis dan metode perawatan kulit yang tepat. Alasannya adalah karena setiap orang punya jenis kulitnya masing-masing.

Perawatan yang salah akan memberikan efek yang kurang baik bagi kulit wajah Anda. Namun, mungkin sulit untuk mengetahui dengan pasti apa jenis kulit Anda. Artikel ini menyediakan informasi dasar mengenai jenis kulit dan Anda dapat menggunakannya sebagai dasar untuk menentukan produk yang cocok  dengan kulit Anda.

Apa jenis kulit Anda ?

1 Kulit Kering

Kulit kering adalah sebuah kondisi yang terjadi karena kurangnya jumlah cairan di lapisan epidermis pada kulit. Kulit kering cenderung kasar, bersisik, dan terasa gatal. Pori-pori dan garis-garis kulit terlihat jelas. Anda dapat melihat pengikisan sel-sel kulit yang mati pada permukaan kulit.

Tips perawatan dirumah untuk kulit kering
1.Cuci kulit dengan air hangat dan pembersih yang ringan sekali sehari. Ada beberapa jenis pembersih yang dirancang untuk kulit kering.

2. Jangan menggosok kulit ketika mandi atau mengeringkan wajah.

3. Jangan mandi lama-lama dengan air panas. Minyak alami kulit dapat hilang dengan lebih cepat.

4. Oleskan pelembab secara teratur untuk menjaga kulit tetap terhidrasi.

5. Gunakan perangkat untuk melindungi kulit jika Anda harus bekerja dengan bahan-bahan yang membuat kulit kering seperti detergen.


2. Kulit Berminyak

Kulit berminyak biasanya memiliki bagian T-Zone (sekitar dahi, alis dan hidung) yang berminyak berlebihan, tekstur kulitnya tebal dengan pori-pori yang besar.

Karena pori-pori yang besar inilah wajah jadi gampang banget berjerawat dan seringkali membuat riasan wajah tidak dapat melekat dengan baik. Kulit tampak mengkilap seiring waktu dan keuntungannya kulit jenis ini tidak mudah berkerut karena produksi minyaknya yang berlebih

kamu harus rajin melakukan masker wajah seminggu 2 kali dengan produk yang ditujukan untuk kulit berminyak. Jangan menggunakan produk yang mengeringkan wajahmu berlebihan karena malah akan membuat kulitmu semakin berminyak.

Gunakan produk dengan jenis untuk kulit normal dan berminyak. Rajinlah cuci muka dengan sabun 2 kali sehari, saat pagi dan malam hari. Gunakan moisturizer ringan dengan physical sunblock saat berkegiatan

1.Cuci kulit dengan air hangat dan pembersih yang ringan dua kali sehari.

2. Jangan mencucinya secara berlebihan karena minyak alami yang melindungi kulit dapat terangkat.

3.Jangan menggosok selama membersihkannya. Ada pembersih yang khusus untuk kulit berminyak yang dapat Anda coba.

4. Jika Anda berjerawat, jangan mencukil atau memecahnya. Ini dapat menimbulkan luka besar.

3. Kulit Normal

Kulit normal adalah kulit yang memiliki kadar air dan minyak yang seimbang.

Ciri kulit normal seperti:

lembut, bagus, tidak bermasalah
kulit kemerah-merahan
beredar dengan baik dan elastis
Warna kulit normal umumnya merata; teksturnya lembut dan halus. Tidak ada pori-pori yang terlihat jelas, cacat, noda merah, komedo, jerawat, kukul, atau masalah kulit lainnya yang terlihat. Permukaan kulit tidak terlalu berminyak atau kering karena air dan minyaknya seimbang, dan suplai darahnya baik.
Gunakan produk-produk yang ditujukan untuk kulit normal dan kamu harus tetap pakai moisturizer dan sunblock untuk menjaga kesehatan kulitmu.


Tips untuk merawat kulit normal
1. Rawat wajah anda siang dan malam secara teratur akan membuat kulit Anda tetap segar.
2. Lakukan pengelupasan kulit dengan lembut menggunakan srub yang sesuai dengan jenis kulit untuk menghilangkan kotoran dan mengangkat sel kulit mati.
3 Berikan pijatan lembut dengan krim wajah, untuk meningkatkan sirkulasi peredaran darah di wajah Anda.


4. Kulit Kombinasi

Kulit kombinasi membutuhkan sedikit perawatan khusus, karena jika kamu menggunakan skincare untuk kulit berminyak, maka area kulit wajah yang kering akan mengalami pecah-pecah.
Hindari sabun wajah yang mengandung pH tinggi, karena akan membuat kulit menjadi semakin kering dan menutup pori-pori.
Saat malam hari, pastikan kamu menghapus seluruh riasan dengan makeup remover yang berformula lembut.
Jangan lupa mounsturizer karena  Kulit kombinasi juga  tetap membutuhkan pelembab. Gunakan pelembab bebas minyak, ya.
Dan jangan lupa untuk menggunakan Tabir surya untuk jenis kulit kombinasi

Ciri kulit kombinasi

1. berminyak berkilau
2. cenderung mengembangkan kotoran di zona-T
3. area pipi lebih kering

Tips untuk kulit kombinasi

1. Bersihkan kulit Anda dengan seksama setiap menerapkan produk perawatan wajah.
2. Gunakan air suam-suam kuku, bukan air panas atau dingin saat mencuci wajah.
3. Gunakan pelembab secara teratur - sesuia dengan daerah kulit atau pilih produk yang cocok untuk kulit kombinasi.


5. Kulit Sensitif

Untuk Anda pemilik kulit wajah sensitif, ada baiknya untuk mengetahui dulu faktor pemicu munculnya wajah sensitif itu.
Karna wajah sensitif umunya mempunyai pemicu atau latar belakan.

Pakailah sabun yang lembut lalu bilas memakai air hangat. Ketika mencuci wajah, jangan menggosok wajah dengan keras namun usap lembut saja.
Produk perawatan wajah yang Anda pakai ada baiknya tidak mengandung alkohol, pewangi hingga asam. Produk perawatan kulit dengan kandungan chamomile, green tea, hingga gandum dan lidah buaya akan baik untuk Anda.
Jangan lupa selalu memakai tabir surya sehingga bisa melindungi kulit Anda dari sinar UV.
Jaga konsumsi air dan makanan Anda sehingga bisa pilih makanan dan minuman sehat yang akan berpengaruh juga pada kesehatan kulit.

Ciri kulit sensitif seperti:

peka terhadap pengaruh lingkungan
terasa kencang dan gatal, sering mtimbul kemerahan

Tips untuk kulit sensitif

1. Pilih krim yang memberi perlindungan terhadap pengaruh lingkungan yang berbahaya.

2. Oleskan wajah Anda dengan minyak-minyak kacang  atau buah-buahan secara lembut setelah dibersihkan dan hindari menggosoknya dengan kencang.

3. Pilih produk yang bebas parfum: wewangian bisa menyebabkan iritasi kulit.

4. Perhatikan makanan yang Anda konsumsi, karena  bumbu panas tidak baik untuk kulit Anda dan banyak konsumsi air putih.




Share:

Penyebab Kulit Kusam dan Kering ? ini Solusinya

Ternyata ini Alasan Wajah kusam dan Kering Kamu. Solusinya !


Sebelum aku menuliskan review tentang si sunscreen Wardah, aku jelasin dulu ya sedikit mengenai sunscreen karena mungkin kamu belum terlalu paham apa sih sebenarnya fungsi dan kegunaan dari penggunaan sunscreen untuk kulit kita.

Sunscreen berfungsi untuk melindungi kulit dari efek buruk sinar matahari atau Sinar Ultraviolet (UV), yang adalah sinar tidak tampak yang merupakan bagian energi yang berasal dari matahari. Sinar UV dapat membakar mata, rambut, dan kulit jika bagian tubuh tidak dilindungi, atau jika kamu terlalu banyak terkena sinar matahari.

Bahaya dari sinar UV yang sering kita dengar salah satunya adalah rentan terkena kanker kulit. Namun, sebelum itu terjadi, kulit akan mengalami proses kerusakan dulu secara bertahap, di antaranya  seperti
Kulit terlihat kusam dan kering dan mengalami penuaan sebelum waktunya.
Sehingga kasus yang sering terjadi pada perempuan adalah usia kulit lebih tua dari usia sebenarnya.

Misalnya, Intan berusia 22  tahun, namun usia kulit tubuh atau wajahnya sudah berusia 35 tahun. Walaupun rutin melakukan perawatan kulit namun tidak dibarengi dengan menggunakan sunscreen, tidak akan menjaga kesehatan kulit dengan maksimal.
Pengalaman aku banget sih, yang sibuk sana sini, pakai ini itu untuk ngerias wajah tapi lupa bagaimana cara keamanan wajah itu sendiri.

Nah, hanya dengan pemakaian sunscreen secara teratur,ternyata  bisa buat  kulit  juga terhindar dari masalah kulit lo,  seperti penuaan dini, flek hitam, iritasi karena efek buruk dari sinar matahari yang langsung mengenai lapisan kulit kita dan sebagainya.

Ini ak kasi gambar pengaman kulit aku dari luar.



Wardah !
Kenapa wardah?  Sebenarnya apapun itu mereknya asal memang diformulasikan sebagai sunscreen ataupun sunblock untuk menjaga kulit dari kejahatan UVA/UVB.

Aku pakai Wardah Suncare Sunscreen Gel  ini karna aku tau produk ini mengklaim kehalalan. Wardah sunscreen Gel merupakan tabir surya dengan dua manfaat, yaitu melindungi kulit dan melembapkan.
Kandungan SPF 30 PA+++ di dalamnya mencegah pengaruh buruk sinar UVA dan UVB, plus ada Vitamin C sebagai antioksidan. Terus ada Ekstrak Aloe Vera dan Pro Vitamin B5 yang menjaga kelembapan wajah.


Penggunaan sunscreen dianjurkan 15 atau 20 menit sebelum beraktivitas ke luar ruangan agar hasilnya maksimal.

Banyak banget orang yang salah dalam pengaplikasian sunscreen ini.  Seperti pemakaian primer atau di awal sebelum mounsturizer

Aku sendiri menggunakan sunscreen wardah ini sebagai step setelah aku penggunaan mounsturizer atau pelembab wajah.
Tapi karna sunscreen ini yang sifatnya melembabkan kadang ak jadiin yang pertma aja kemudian langsung pakai bedak baby deh..hiihi (kalau lagi malas)

Setelah membersihkan wajah, aku aplikasikan toner, pelembab, lalu sunscreen Wardah ini (kalau lagi rajin)

Untuk Teksturnya



Teksturnya agak kental dan padat. Kalau aku makainya kebanyakan jadi kadang lebih lama meresap,  tapi kalau pakainya tipis-tipis menyerapnya lebih cepat.

Nah, karena aku malas untuk mengaplikasikan sunscreen secara berulang jadi aku pikir lebih baik aku langsung mengaplikasikan agak banyak saja di pagi hari atau sebelum beraktivitas ke luar ruangan.

Tidak ada rasa perih dan panas yang aku rasakan saat penggunaan pertama. Walaupun banyak review bloger ataupun orang lain yang mengklaim sunscreen ini meninggalkan hasil perih di wajah  di awal pemakainanya.

 "Untungnya juga, tidak ada jerawat muncul meskipun terasa perih dan panas, jadi aku agak tenang untuk tetap menggunakannya. "

Komentar salah satu teman yang juga menggunakannya.

Banyak juga yang kadang  tidak suka dan yang komen karna menimbulkan efek berminyak diwajah.

Tapi aku  suka dengan efeknya yang membuat kulitku jadi tampak berminyak setelah beberapa jam penggunaan. Hihi jadi glowing ala ala sehat gitu. Karena setelah dihapus tetap meninggalkan kesan wajah yang lembab dan natural di wajah.

Overall aku suka dengan sunscreen Wardah ini karena terasa nyaman dan ga memberikan efek buruk apapun ke kulitku. Selain itu, harganya yang terjangkau dan isinya yang bisa digunakan hingga berbulan-bulan juga jadi keunggulan produk ini.
Aku beli seharga 30.000 dan aku gunain bekisar hampi 3 bulan-an,  cukup irit ya.


Kesimpulan

Setelah lihat beberapa review di beauty network, Wardah Sunscreen Gel SPF 30 ini diperuntukkan bagi yang memiliki kulit berminyak. Jadi aku gaperlu mikir duakali deh buat untuk beli, dengan penuh percaya diri sunscreen ini pasti bakal cocok di aku.
Okeh.

www.intantarigan.com


Share:

 Wardah Lightening Night Cream untuk Hilangkan Bekas Jerawat


Bekas jerawat hitam?  Bekas jerawat merah?  Apapun itu warnanya mau ungu, boleh orange, yang namanya bekas jerawat itu gada bagus-bagusnya, keberadaanya buat daya percaya diri jadi kurang,  bisa-bisa timbul rasa rendah diri. Siapa coba yang santai hidupnya kalau warna kulit wajah jd kontras akibat bekas jerawat. Di jaman sekarang begitu banyak krim yang mengklaim  bisa memutihkan dengan cara instan, cuma dengan hitungan hari yang kadang BPOM nya juga ga jelas. hmmm..



Nahh guysss kali ini aku mau kasi review tentang  krim malam yang aku gunakan untuk mencerahkan kulit sekaligus hilangin bekas jerawat aku. Pastinya ak tetap mau yang aman untuk wajah aku.



Aku jerawatan itu hampir 3 bulanan. Sempat gak berani lagi pakai krim malam atau sejenis  skin care (perawatan wajah)  lainnya karna takut bakal memperparah jerawat aku yang sempat meradang krna salah kosmetik,  atau buat jerawat baru kmbali lagi.
Karna awal aku jerawatan it beberapa bulan yang lalu memang karna pencoban terhadap krim baru yang gak cocok dan akhirnya menimbulkan jerawat diwajahku.

Waktu ak jerawatan, yang aku pikirin itu gimana cara wajah aku tetap bersih,  gaboleh keringetan atau wajah kinclong karna minyak,  ak selalu siapin tisu buat ditotol ke wajah aku.  Jadi aku slalu pastiin wajah ak kering dan bebas dari kata minyak guys. Kebayang khn wajah bebas dari minyak dan ekstra kering

Ga susah-susah amet,  karna berhubung di tetempat ak bekerja itu ruangannya ber-AC jauh dari kata gerah buat aku awet pertahanin kondisi wajah aku.

Tapi karna hanya fokus pada kebersihan wajah,  sampai lupa seharusnya wajah ini tidak baik-baik amet  kalau terlalu kering,
(Aku baca dari beberapa artikel yg bilang wajah yang kering itu ga sehat).

Sadar aku ngerasa bekas jerawat aku Jadi mengering meninggalkan luka bekas diwajah.  Bekas jerawat itu kemerahan dan kehitaman dan amat awet diwajah. Seperti yg aku bilang sebelumnya karna aku biarin  wajah ak brsih dari luar aja tanpa memperhatikan wajah ak perlu perhatian kelembapanya.
Padahal khn wajah kita harus perlu diperhatikan  kelembapannya juga.

Sampai akhirnya aku angkat kaki buat googling nemui cara gimana hilangin bekas jerawat diwajah ini..

Tapi malah nemu banyak iklan yg nawarin produk-produk pemutih instan yang gak jelas. Tapi aku sempat dapat pencerahan dengan kalimat yg sama yaitu pemakaian krim yang mengandung AHA itu bisa nghilangin bekas jerawat.
That's right!!

Googling lagi krim yang mengandung AHA dan akhirnya Nemu deh krim wardah yg punya komposisi kandungan AHA didalamnya..

Karna takut salah pilih lagi krim-krim yang buat wajah berjerawat. Ak nemuin artikel yg mengklain pemakaiain krim wardah lightening night krim bisa menghilangkan bekas jerawat.

Dan  akhirnya ak beli lagi. Kenapa aku bilang beli lagi?  Karena sempat kemarin ninggalin krim wardah sekarang ak balik lagi.. Seperti serial film CLBK
Ini ak kasi gambar krim wardah lightening night cream


Kandungan dan Manfaat

Kandungan dan manfaat dari Wardah Lightening Night Cream  step 2 ini sebenarnya  memiliki kandungan konsentrasi 2x lipat daripada krim malam Wardah Lightening step 1. Krim malam Wardah yang bekerja ekstra untuk membantu mencerahkan wajah selama kamu tidur ini memiliki kandungan dan manfaat sebagai berikut:

1. Glycolic Acid atau AHA membantu pengelupasan sel kulit mati dengan cepat dan mempercepat proses regenerasi kulit. Pada krim malam step 2, kandungan AHA 2x lipat dari step 1.

2. Allantoin dan ekstrak rumput laut membantu merawat kulit, melembapkan kulit dan menyerap kelebihan minyak di wajah.

3. Ada Vitamin C dan E sebagai antioksidan.

4. Vitamin B3 dan active white complex yang mengandung 7 bahan aktif dapat mencerahkan kulit wajah dari dalam.

Tekstur dan Formula


untuk tekstur dari krim malam wardah ini kental dan berwarna putih. Ada aroma wangi sedikit dan ketika diaplikasikan kulit akan terasa lembap karena mengandung moisturizer yang memang dapat melembapkan kulit wajah kamu.


Cara penggunaanya

Cara pemakaiannya tentunya pada malam hari ya, Cantik. Jadi, pertama bersihkan wajah terlebih dahulu dengan cleanser dan facial wash kamu. Setelah itu kamu bisa memakai toner dan lanjutkan dengan mengoleskan krim malam Wardah ini secara merata pada wajah dan leher. serta hindari area mata.

Seperti di awal sudah dijelaskan, untuk pemakaian pertama kali sebaiknya kamu menggunakan Wardah Lightening Night Cream step 1 selama 1 bulan atau sampai krim malam tersebut habis. Setelah itu bisa kamu lanjutkan dengan step 2 untuk proses pencerahan yang lebih optimal.
Walaupun sebenarnya pas Pertama  pakai krim malam wardah ini Ak ga nyoba yang step 1. Langsung pakai step k 2
Itu karna aku pernah tanya sama yg udah pengalaman gitu,  katanya step 1 itu unttuk wajah yg mmg masih virgin alias belum pernh pakai krim" yang aneh-aneh..
Jadi karna ak yang dari SMA suka pakai krim" siang malam dengen merek yg gada di duni periklanan..  Ak langsung deh ambil pakai krim yg step 2

Jadi kesimpulannya Lightening Night Cream Step 2 Ini work it diwajah aku selama masa nghilangin bekas jerawat.Membantu mencerahkan dan merawat keremajaan kulit
Kandungan AHA yang lebih tinggi dari step 1 bekerja mengangkat sel kulit mati dan membantu proses regenerasi sel kulit
Mengandung ekstrak licorice yang membantu mencerahkan kulit wajah
Microcolagen yang membantu memelihara elastisitas kulit
Vitamin E menjaga kelembaban kulit dan sebagai antioksidan
Kulit wajah tampak cerah, muda berseri
20ml Aku belinya di Alfamart harganya 48.000.walaupun beberapa bulan yang lalu cuma dibandrol harga 40.000 mungkin karna laris banget ya, sampe kenaikannya signifikan gitu.

Okehh itulah krim malam yang aku pakai buat nghilangin bekas jerawat aku,  Sekuan dan terima kasih kalau ada keslahan harap dimaklumi ajalah ya.  Thank yoouu

www.intantarigan.com
Share:

Mengenai Perawatan Wajah, Kecantikan dan Kesehatan