Dari Pengalaman Pribadi

Bagaimana Mencuci Wajah dengan Benar Sesuai dengan Jenis Kulit Wajah?

Mencuci Wajah dengan Benar Sesuai dengan Jenis Kulit Wajah



Mencuci wajah adalah sebuah ritual yang kita lakukan setiap hari,  selain untuk Membersihkan Wajah dari kotoran dan minyak juga membuat wajah kita menjadi segar. 
Persespi kita mengenai Membersihkan wajah pada umum terlihat sederhana. Kita  hanya perlu membasahi muka terlebih dahulu, menuangkan sabun pembersih ke telapak tangan, kemudian menggosoknya ke permukaan wajah, lalu dibilas dengan air sampai bersih.
Kebiasaan membersihkan wajah menjadi rutinitas yang sangatlah penting. Dimulai dari bangun tidur sampai dengan sebelum tidur pada malam hari.

Namun Idealnya, mencuci wajah hanya diperlukan sebanyak dua kali sehari, yaitu di pagi hari dan malam hari. Karena kotoran dan minyak bisa menumpuk di kulitmu, bukan berarti kita harus terus-terusan mencuci wajah, kecuali di rekomendasikan oleh dokter.

Mencuci wajah lebih dari dua kali sehari  Malah akan  membuat kulit wajah bisa kehilangan minyak alaminya. jadi mencuci wajah yang berlebihan harus dihindari,  mengapa harus dihindari? Karena wajah tetap memerlukan minyak alaminya  agar tetap sehat dan terjaga kelembapannya. Jika kulit terlalu kering, tubuh justru akan memproduksi lebih banyak minyak yang bisa menyebabkan munculnya jerawat. Intinya, menjaga kulit tetap bersih dan lembap adalah kunci dari kulit bebas jerawat.


Namun sebelumnya, Taukah kamu bahwa tidak semua cara membersihkan wajah yang benar itu sama bagi semua orang. Cara membersihkan wajah yang benar masing-masing berbeda di setiap jenis kulit.
Maka dari itu kita perlu mengetahui cara membersihkan kulit wajah yang benar berdasakan jenis kulit,  berikut. 

Membersihkan kulit wajah yang normal

1. Mencuci Tangan

Baik kulit normal, kulit berminyak dan kulit yang kombinasi mencuci tangan sebelum memulai adalah sangat penting, ingatlah untuk membersihkan tangan terlebih dahulu untuk menghilangkan bakteri dan kuman pada tangan sehingga menghindari peepindahan bakteri ke wajah. 

2.Bersihkan makeup sebelum mencuci wajah dengan air

Setelah mencuci tangan, membersihkan wajah yang pertama yaitu dengan membersihkan makeup. Kita Berpikir bahwa mencuci wajah dengan sabun sudah cukup untuk menghilangkan makeup? Tapi keliru!, bahwa membersihkan wajah yang benar adalah dengan menghilangkan makeup terlebih dahulu dengan menggunakan cairan remover.

3. Bersihkan dengan lembut

Cara selanjutnya dengan mencuci wajah dengan lembut. Setelah membersihkan makeup, barulah setelah itu cuci wajah dengan sabun pencuci muka sesuai dengan kulit wajah. Selain menggunakan jari, kamu juga bisa memakai sponge atau waslap khusus untuk wajah. Setelah selesai mencuci wajah dengan sabun, basuhlah sisa sabun di wajah dengan air hangat. Jangan gunakan air yang terlalu dingin atau panas, karena dapat merusak pembuluh kapiler dan mengiritasi kulit.

4.Keringkan wajah perlahan dan gunakan handuk bersih

Cara Selanjutnya dengan mengeringkan wajah. Wajah sudah bersih, bukan berarti bebas mengeringkan wajah dengan handuk seadanya. Jangan sesekali gunakan handuk pengering tangan yang menggantung di wastafel. Walau kelihatannya bersih, tetap saja ada banyak bakteri menempel. Araupun menyamakan handuk badan dan handuk muka. Gunakanlah handuk khusus untuk wajah kamu. 

5.  Memberikan Perawatan pada Wajah 

Cara  selanjutnya memberikan perawatan. Cobalah untuk tetap menjaga kebersihkan wajah dan sekitar tempat tidurmu. Selalu ganti sarung bantal dengan yang bersih atau tataki dengan kain bersih. Selanjutnya gunakanlah  produk perawatan sesuai dengan tipe kulit wajahmu.

Cara Membersihkan Wajah Dengan Benar Untuk Kulit Berminyak

1.Cuci tangan

Cara membersihkan wajah pertama kali yang dilakukan adalah cuci tangan. Sama seperti sebelumnya untuk kulit normal.  Pertama sebelum memulai, cucilah tangan sebelum menyentuh wajah. Jika tangan kotor, bakteri atau debu bisa saja menempel di kulit berminyak sehingga berpotensi menimbulkan jerawat. Cuci tangan menggunakan sabun anti bakteri dan bilas dengan air hangat.

2.Bersihkan dulu makeup

hampir sama denfan sebelumnya Cara membersihkan wajah selanjutnya dengan membersihkan makeup. Bagi kamu yang menggunakan makeup sehari-hari, baiknya bersihkan terlebih dulu dengan pembersih khusus sesuai dengan jenis kulit berminyak. Tetap basuh wajah kamu dengan air hangat setelahnya walaupun sudah dibersihkan dengan pembersih makeup.

3. Gunakan lotion pembersih

Cara membersihkan wajah lainnya dengan menggunakan lotion pembersih. Sebelum memulai mencuci muka, umumnya kamu bisa menggunakan rangkaian milk cleanser dan toner di tahap pertama. Keluarkan sedikit lotion pembersih atau milk cleanser pada ujung jari atau handuk.
Perlahan oleskan pembersih ke seluruh wajah. Pastikan untuk mengoleskannya ke semua area wajah, dagu, dahi, hidung, pipi hingga leher. Pijat wajah dengan gerakan memutar selama beberapa menit. Setelahnya basuh dengan kapas yang telah dibasahi air.

4. Cuci wajah dengan air dingin

Cara membersihkan wajah selanjutnya dengan mencuci menggunakan air dingin. Cuci wajah dengan air dingin dan pembersih muka tipe kulit berminyak, meski sudah dibersihkan dengan lotion pembersih. Bersihkan wajah di bagian T-Zone, yakni dahi, hidung dan dagu. Lalu bilas hingga kamu merasa pembersihnya telah terbilas semua. Mencuci wajah dengan air dingin dapat menutup pori-pori yang terbuka dan meningkatkan sirkulasi.
5. Usap wajah perlahan
Cara membersihkan wajah selanjutnya dengan mengusap wajah perlahan menggunakan handuk wajah yang bersih dan lembut. Keringkan wajah dengan cara menepuk-nepuk ringan menggunakan handuk, atau mengusapnya halus. Jangan menggosoknya. Gunakan handuk yang khusus untuk muka, jangan pakai handuk yang sama dengan yang digunakan untuk mandi.

6. Gunakan toner

Cara selanjutnya gunakan toner. Jika kulitmu berminyak, disarankan untuk memakai toner wajah setelah selesai mencuci muka. Toner dapat membersihkan semua bekas riasan, debu, dan minyak yang pembersih tidak bisa bersihkan. Toner juga dapat mengangkat sisa sabun, mengecilkan pori-pori, menghilangkan minyak, dan menghaluskan kulit.

7.  Lembapkan kulit

Cara membersihkan wajah selanjutnya dengan melembabkan kulit. Gunakan pelembap wajah setelah mencuci wajah karena kulit akan  terasa  kering setelah dicuci, meskipun jika jenis kulitmu berminyak. Pastikan pelembap yang kamu gunakan sesuai dengan jenis kulit berminyak   debgan berbahan dasar oil-free air atau gel.

Meskipun terlihat mudah untuk dilakukan, sayangnya tidak semua orang paham jenis kulit dan ritual yang digunakan sehingga berakibat hasil yang didapatkan tidak maksimal. 
Share:

No comments:

Post a Comment

Mengenai Perawatan Wajah, Kecantikan dan Kesehatan