Dari Pengalaman Pribadi

Penyebab Wajah Menjadi Rentan Berjerawat dan Perawatannya

Penyebab Wajah Menjadi Rentan  Berjerawat   dan Perawatan Kulit yang Tepat

Sebagian orang kerap mengalami jerawat, kondisi ini sering terjadi pada mereka yang umumnya memiliki kulit sensitif. Bagi Anda yang memiliki kondisi ini, penting untuk mengetahui tentang perawatan kulit yang tepat guna mencegah masalah kulit berlanjut

Jerawat merupakan salah satu masalah pada kulit yang paling umum terjadi. Jerawat bisa terbentuk ketika pori-pori kulit tersumbat oleh penumpukan sel kulit mati, minyak alami kulit atau sebum, dan kuman dikatakan lebih rentan terkena jerawat.

 Kulit sensitif sendiri ditandai dengan mudahnya muncul kemerahan, perih dan gatal setelah terpapar zat atau kondisi tertentu, seperti sinar matahari, suhu panas atau dingin, sabun, debu, hingga stres.
penyebab utama bukan pada bakteri, melainkan kondisi kulit, dimana microbiome (keseimbangan hidup bakteri di kulit) kacau. Penelitian yang dipresentasikan di Microbiology Society’s Annual Conference itu juga mengungkapkan bahwa bakteri Propionibacterium acnes (yang sering dihubungkan sebagai penyebab munculnya jerawat) merupakan bakteri yang paling banyak tinggal di folikel bulu halus wajah, termasuk di wajah yang sehat dan bersih tanpa jerawat.


Kulit sensitif dapat muncul pada usia dewasa dan bahkan risikonya meningkat dengan bertambahnya usia. Oleh karena itu, tidak menutup kemungkinan bahwa jerawat juga dapat muncul pada usia yang lebih tua. Namun jangan takut, ada beberapa tips perawatan kulit yang bisa Anda coba untuk membantu mengatasi masalah kulit terkait jerawat dan kulit sensitif.

Merawat kulit yang sensitif dan mudah berjerawat tidaklah mudah. Agar kulit Anda tetap sehat, Anda bisa menerapkan beberapa kebiasaan di bawah ini setiap hari.

1. Rutin mencuci muka

Mencuci muka dua kali sehari, terutama setelah wajah berkeringat atau berminyak dapat mengurangi risiko terkena jerawat. Bagi Anda yang memiliki kulit sensitif, disarankan memilih sabun muka dengan kandungan lembut yang tidak iritatif. Bersihkan wajah dengan lembut, jangan menggunakan scrub. Anda bisa mencoba sabun berbentuk gel atau cair yang lebih lembut untuk kulit.

2. Cermati kandungan produk perawatan kulit

Untuk mencegah iritasi kulit, Anda perlu mencermati kandungan dalam produk perawatan kulit yang digunakan. Bagi pemilik kulit sensitif yang rentan berjerawat, disarankan menghindari produk yang mengandung pewangi, antibakteri, alkohol, dan deodoran.
Hindari paparan matahari dan gunakan tabir surya
Terutama paparan sinar matahari secara langsung antara pukul 10 pagi hingga pukul 2 siang. Agar aman, gunakan tabir surya sebelum beraktivitas di luar ruangan. Kulit sensitif sebagaimana jenis kulit lain, membutuhkan tabir surya untuk melindungi dari sinar matahari. Gunakan yang mengandung perlindungan terhadap UVA dan UVB, serta mengandung bahan seng oksida (zinc oxide) dan titanium dioksida.

3. Mengonsumsi makanan yang sehat

Perbanyak konsumsi sayuran, buah, protein, biji-bijian, serta makanan lain yang mengandung vitamin C. Kurangi makanan yang mengandung lemak jenuh. Mengonsumsi makanan sehat selain baik untuk kesehatan tubuh, juga baik untuk kesehatan kulit.
Tips Memilih Produk yang Aman bagi Kulit Sensitif
Kulit yang rentan berjerawat tidak bisa sembarang memilih dan memakai produk. Untuk pelembap, coba cek dulu, apakah 3 kriteria ini sudah terpenuhi?

4. Pilih Produk Hypoallergenic

Produk hypoallergenic, termasuk pelembab, diklaim memiliki risiko reaksi alergi lebih rendah dibanding produk pada umumnya. Karena itu bagi yang memiliki kulit sensitif disarankan memilih produk berlabel hypoallergenic.

5. Tidak mengandung terlalu banyak bahan aktif

Pelembab untuk kulit sensitif sebaiknya tidak mengandung lebih dari 10 bahan baku. Semakin sedikit bahan yang dikandung sebuah pelembab, semakin kecil potensi efek samping yang mungkin ditimbulkan. Untuk membantu merawat kulit sensitif, Anda bisa mencoba produk berbahan zinc yang baik untuk kulit sensitif dan berjerawat, juga produk berbahan witch hazel yang kaya antioksidan.

6. Tidak ada kandungan asam yang berlebihan

Kandungan asam yang terlalu tinggi perlu dihindari saat memilih pelembab untuk kulit sensitif. Namun, dalam jumlah yang tidak berlebihan, kandungan asam justru membantu mengatasi jerawat.

Gen manusia juga nyatanya ikut andil menentukan kondisi kulit. Hasil penelitian menunjukkan bakteri di wajah diperkaya oleh gen. Orang dengan wajah tidak berjerawat memiliki bakteri dengan gen sehat, sedangkan wajah berjerawat memiliki bakteri dengan gen yang mudah menderita penyakit, artinya lebih banyak produksi racun yang merusak kulit.

Share:

No comments:

Post a Comment

Mengenai Perawatan Wajah, Kecantikan dan Kesehatan