Dari Pengalaman Pribadi

Proses Terbentuknya Jerawat pada Kulit Wajah yang Kering



Proses terbentuknya jerawat yaitu berkaitan dengan banyaknya kelenjar minyak pada kulit, sebagai penyebab terjadinya jerawat. Jerawat terjadi dikarenakan pori-pori kulit yang tersumbat oleh minyak dan kulit mati.

Kemudian bagaimana proses terjadinya jerawat? Tahap awalnya dimuali oleh terjadi sumbatan pada folikel rambut atau pori-pori, sehingga terjadi penumpukan minyak dalam kulit, ketika itu terjadi, koloni bakteri jerawat akan tumbuh dan berkembang, sehingga menyebabkan terbentuknya komedo putih dan komedo hitam.

Keseluruhan proses tersebut akan menyebabkan peradangan, sehingga menimbulkan jerawat yang lebih parah sepertii jerawat batu dan kistik, apabila tidak memperhatikan kebersihaan pada wajah.  Jadi untuk menghindari jerawat baiklah  memperhatikan kebsrshan wajah dengan mencuci wajah 2X sehari agar terhindar dari minyak berlebih yang menyebabkan timbulnya jerawat.

Apakah Kulit kering juga bisa berjerawat ? 

Pernah dengar kata-kata bila punya wajah kering pasti jauh dari kata berjerawat?

Ungkapan ini salah. Apa itu jenis kulit yang kering ? Jenis kulit kering adalah jenis kulit yang  ditandai dengan pori-pori wajah yang kecil, produksi minyak/sebum yang lebih sedikit, kulit tampak kusam, mengelupas, dan mudah timbul kerutan. Namun perlu dibedakan antara kulit kering (kurang kandungan minyak/sebum) dengan kulit yang dehidrasi (kurang kandungan air).

Kulit kering tetap dapat mengalami masalah jerawat.Karena walaupun kulit nampak kering, namun kandungan minyak/sebum pada kulit tetap ada dan dapat memicu timbulnya jerawat
Kenyataannya, apapun jenis kulit Anda, kulit wajah biasanya akan tetap menghasilkan minyak. Hanya saja minyak yang dihasilkan tidak bisa menempel lama-lama pada kulit, karena pada dasarnya kulit kering itu sendiri artinya kondisi kulit yang rusak, karena kulit Anda bergantung pada lapisan minyak (lipid) jadi untuk mencegah berbagai kuman penyebab iritasi dan mempertahankan regenerasi sel yang konsisten. Jenis kulit kering sudah kehilangan kemampuannya optimalnya untuk melakukan tugas ini.

Akibatnya, kulit kering justru mungkin menghasilkan lebih banyak minyak sebagai upaya untuk melembapkan diri sendiri, menyebabkan sel kulit mati menumpuk lebih banyak di permukaan kulit sehingga kulit mudah teriritasi dan meradang. Pada akhirnya, peradangan dan tumpukan kulit mati ini meningkatkan potensi pori-pori tersumbat danI timbul jerawat.

Baca juga : kenali jenis kulitmu dan perawatannya 

Share:

No comments:

Post a Comment

Mengenai Perawatan Wajah, Kecantikan dan Kesehatan